06/12/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Ciri-ciri & Struktur Teks Tanggapan Kritis Terlengkap 2022

3 min read

 

Critical Response Text – Sebelum saya memberikan ciri-ciri dan struktur dari critical response text, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu critical response text?

 

Memahami Teks Respon

Response text adalah teks yang berupa tanggapan berupa tuduhan atau pujian atas kritikan responden terhadap suatu pekerjaan atau peristiwa sebagai bentuk saran atau apresiasi yang dapat membangun.

 

Teks tanggapan sangat identik dengan kata kunci. Karena di bagian penilaian, kamu harus bisa berpikir kritis. Berpikir kritis di sini berarti mampu menggambarkan asumsi tentang peristiwa atau hal yang dijawab dengan cermat dan cerdas.

Baca Juga : Contoh Penelitian Kualitatif

Struktur Teks Respons Kunci

  • Evaluasi

Bagian ini berisi pernyataan umum tentang apa yang akan penulis sampaikan dalam teks

  • Deskripsi teks

Bagian ini akan memuat informasi tentang data dan opini yang mendukung dan melemahkan pernyataan ini.

  • ulangi

Ini adalah bagian terakhir dari teks, yang berisi pengulangan dari apa yang dikatakan.

Fitur teks tanggapan utama

Karakteristik teks tanggapan kunci ini akan membantu menentukan apakah teks ini merupakan jawaban kunci.

 

  • Teks ini berisi jawaban tentang apa yang terjadi, dengan alasan dan fakta.
  • Berisi aturan dalam bahasa.
  • Memiliki 3 struktur teks, evaluasi, deskripsi teks dan pernyataan ulang

Baca Juga : Judul Proposal Kualitatif

Aturan Bahasa untuk Teks Respon Kritis

  1. Pemilihan kata juga harus tepat dalam penggunaan dan produksi teks tanggapan kritis
  2. Konjungsi adalah kata yang menghubungkan setiap kata dan strukturnya
  3. Gunakan kata-kata referensi untuk memperkuat pernyataan dengan tegas
  4. Kalimat kompleks dengan lebih dari 2 struktur atau 2 kata kerja

 

Contoh teks tanggapan kunci

Evaluasi

 

Internet merupakan salah satu media yang digunakan untuk mencari segala informasi. Di kalangan mahasiswa, internet sering digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi mata kuliah, dan juga memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas.

 

deskripsi teks

Penggunaan internet memberikan dampak positif bagi siswa. Pertama, membuat pekerjaan rumah lebih mudah bagi siswa. Kedua, kemudahan akses informasi. Ketiga, Anda bisa menggali ilmu lebih dalam. Keempat, sebagai bentuk hiburan, agar siswa tidak bosan.

Di sisi lain, internet juga memiliki banyak dampak negatif bagi siswa. Pertama, internet terkadang bisa membuat siswa lupa waktu. Kedua, ada banyak situs dewasa yang mudah diakses. Ketiga, Internet bisa membuat ketagihan penggunanya. Keempat, tidak baik untuk kesehatan, terutama mata.

mengulangi

 

Oleh karena itu, penggunaan internet memerlukan pengawasan orang tua agar siswa tidak terjebak pada hal-hal yang negatif. Dan jangan lupa internet untuk mendukung siswa dalam mencari informasi terkait tugas sekolah.

Contoh teks tanggapan kritis tentang budaya

Evaluasi

 

Selfie telah menjadi hobi yang cukup populer seiring berkembangnya dunia teknologi. Bahkan kini, perusahaan yang bergerak di bidang produksi smartphone semakin gencar menunjukkan keunggulannya dalam kemampuan selfie.

 

deskripsi teks

Banyak orang yang mengira selfie itu seru, misalnya saat sedang galau, selfie adalah salah satu hal yang bikin kita semangat.

 

Pandangan ini ada benarnya, namun banyak juga yang meyakini bahwa selfie memiliki sisi negatif, terutama jika dikaitkan dengan ajaran Islam. Banyak remaja mengambil foto narsis tanpa jilbab atau ketelanjangan.

 

Foto selfie ini pasti akan mendapatkan banyak perhatian untuk mengetahui lebih banyak tentang dirinya. Hal ini tentu akan mengarah pada pelecehan seksual dan pencemaran nama baik di media sosial. Juga berbahaya untuk mengambil foto narsis di tempat yang tidak aman, seperti di atap rumah, saat mengemudi, berjalan, dll.

 

mengulangi

 

Untuk itu, masyarakat harus lebih bijak dalam mengambil foto selfie. Jangan terlalu sering menggunakan dan melanggar aturan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.