25/06/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Cara Unik Untuk Menghidupkan HP Tanpa Menekan Tombol Power

3 min read
Cara Unik Untuk Menghidupkan HP Tanpa Menekan Tombol Power

Semua benda elektronik lambat laun akan mengalami kerusakan, baik itu software maupun hardware. Ini memang fakta yang tidak bisa dihindari, terutama untuk barang-barang yang sudah pernah digunakan seperti handphone. Sangat mengganggu ketika tombol-tombol pada ponsel rusak, apalagi fungsinya sangat penting, seperti tombol power.

Jika Anda menekan tombol daya sekeras mungkin, tombol daya yang rusak mungkin masih berfungsi. Tetapi mengapa Anda rela membuat jari Anda sakit setiap kali Anda menghidupkan telepon? Anda tahu, jari Anda mungkin terkena asam urat. Lagi pula, Anda tidak berlatih untuk pertandingan gulat lengan ayam, bukan?

  1. Colokkan HP ke Casan

Sudahkah Anda mencoba menggunakan tombol daya untuk menghidupkan telepon, tetapi tidak berhasil? Jangan buru-buru bawa ke service center, siapa tahu tombol power kamu sebenarnya baik-baik saja. Terkadang, ketika baterai smartphone habis, tidak akan menunjukkan tanda-tanda saat mencoba untuk menyalakannya. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang berpikir bahwa tombol power tidak berfungsi.

Karena itu, coba colokkan kabel pengisi daya ke telepon Anda dan lihat apakah telepon Anda terisi daya. Dalam beberapa kasus, telepon dapat menyala secara otomatis saat kabel pengisi daya dicolokkan. Namun jika tidak, Anda bisa mencoba menunggu beberapa saat hingga baterai terisi sebagian, lalu gunakan tombol power untuk menyalakannya.

  1. Gunakan Kombinasi Tombol Fisik

Dikutip dari situs www.robotandro.com, Versi HP terbaru sebenarnya jarang menyediakan tombol home fisik (dalam artian tahun 2020 dan seterusnya). Nah, mungkin iPhone SE (2020) adalah pengecualian, bentuk bodinya masih seperti ponsel 2017.

Nah, jika Anda memiliki ponsel lama yang masih menggunakan tombol fisik home, Anda dapat mencoba menggunakan kombinasi tombol volume + home untuk menghidupkan ponsel. Namun syaratnya adalah coba isi penuh baterai ponsel dan tancapkan ke PC. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Tekan dan tahan tombol volume atas dan bawah secara bersamaan dengan tangan kiri Anda.
  • Dalam keadaan tahan, sambungkan ponsel ke PC melalui kabel data USB.
  • Masih menahan dua tombol volume, tekan dan tahan tombol home beberapa saat, hingga menu muncul.

Bukankah itu rumit? tentu. Cara ini lebih ribet daripada mencoba menekan tombol power sampai menyala. Oleh karena itu, cara ini hanya diperlukan saat tombol power rusak total dan tidak bisa digunakan sama sekali.

  1. Masukkan Sim Injector Di Lubang Tombol Power

Ada banyak jenis kerusakan pada tombol power. Mungkin tombol itu masih ada tetapi tidak merespons, atau mungkin tombol tersebut telah dihapus sepenuhnya. Nah, bagi yang tombol powernya dicopot, ada solusinya. Anda dapat memasukkan benda tajam seperti penarik slot kartu SIM atau tusuk gigi ke dalam lubang listrik.

Dengan cara ini, bahkan jika Anda melepaskan tombol, Anda masih dapat menekan tombol daya untuk menghidupkan telepon. Tapi ingat, jangan menekan terlalu keras agar pin yang ada di dalam tombol tidak mencuat, ya!

  1. Ganti Tombol Power dengan yang Baru

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara tetapi tidak ada yang berhasil, solusi paling sederhana adalah mengganti tombol power yang rusak dengan yang baru. Anda dapat mengunjungi service center terpercaya HP terdekat, atau sekaligus mengunjungi service center HP, seperti BEC (Bandung Electronic Mall).

Biasanya, tidak butuh waktu lama untuk menggantinya. Hanya membutuhkan waktu paling lama 2 sampai 3 jam saja, jadi bisa dilakukan di hari yang sama. Dalam kebanyakan kasus, Anda juga harus mengganti dua tombol volume. Soalnya, tombol power menyatu dengan tombol volume. Harganya tidak terlalu mahal, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 150 ribu untuk memperbaiki tombol power.

Ini adalah 4 cara untuk menghidupkan telepon Anda tanpa tombol power. Namun perlu Anda ketahui bahwa keempat cara di atas tidak selalu berlaku untuk semua ponsel. Tentu saja, cara paling aman adalah membawa ponsel Anda ke pusat layanan dan menggantinya dengan rakitan tombol baru. Untuk beberapa ponsel Android, biaya penggantian tombol tidak mahal, dan tidak memakan waktu lebih dari beberapa jam.

Jadi, metode mana yang Anda gunakan? Jika Anda memiliki pertanyaan, beri tahu kami. Jika Anda mengetahui metode lain yang efektif, mari kita bagikan di kotak komentar agar pembaca lain bisa mendapatkan bantuan.