28/09/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

CARA MENGHEMAT BIAYA PERNIKAHAN BIAR BISA NIKAH TAHUN DEPAN

3 min read

Semakin ke sini, biaya pernikahan semakin mahal, diawali dari pemilihan gedung yang perlu berbaris dengan pasangan lain, vendor fotografer, dekorasi, cincin lamaran emas, makanan dan berbagai vendor lainnya. Tidak kebingungan, tingginya biaya pernikahan ini memaksa beberapa pasangan untuk menunda pernikahannya sampai mendapat anggaran yang cukup.

CARA MENGHEMAT BIAYA PERNIKAHAN BIAR BISA NIKAH TAHUN DEPAN

Walaupun sebetulnya, sebenarnya mengadakan pernikahan tuh tidak semahal itu kok! Kamu bisa taktikin dengan menghemat biaya pernikahan ini. Tak perlu tunggu beberapa tahun, dengan tutorial ini kamu dapat nikah tahun depan!

  • Undangan online

Sadar tidak sih bila undangan pernikahan cuman selesai terbuang gitu saja? Kamu juga pasti kerjakan hal yang sama pada undagan pernikahan rekanan atau keluarga. Satu atau dua bulan setelah acara, pasti undangan itu selesai telah entahlah di mana.

Dibandingkan kamu buang uang untuk hal yang sia-sia, lebih baik kamu beralih ke undangan online. Minta kontributor temanmu yang bisa jalankan situs atau kamu bisa menggunakan cara mengirimi e-mail ke sejumlah tamu undanganmu. Tapi, untuk bos dan keluarga yang dituakan, kamu semestinya tetap memberikannya undangan buat ke mereka.

  • Hemat dalam Pre Wedding

Tak perlu muluk-muluk dengan pre-wedding, biaya sewa gaun pernikahan untuk pre-wedding bisa beberapa ratus sampai juta-an ribu. Foto pre-wedding kasual dengan topik camping atau kegiatan kasual di rumah lebih menceritakan jalian kalian lho.

  • Perketat tamu undangan

Permasalahannya undangan pesta acara pernikahan biasanya terkuasai oleh relasi orang-tua dan keluarga besar. Untuk pencet biaya pernikahan, cukup berikan pengetahuan ke keluarga terkait bujet-mu dan saring tamu undanganmu sama sesuai orang yang kamu temuin 2 tahun terakhir ini. Rekanan SD yang sudah lama tak pernah komunikasi tak perlu diundang!

 

  • Kerahkan Bridesmaid dan Groomsmen

Sebetulnya, perannya bridesmaid dan groomsmen bukan hanya menampang di hari pernikahan dengan menggunakan kain seragam darimu, tapi juga membantu kamu dalam mempersiapkan pernikahan. Karena itu, kerahkan mereka saat persiapan, diawali dari menyiapkan vendor, mengecek kesediaan suvenir dan berbagai hal lainnya.

  • Prioritaskan usaha rekanan

Bila punya rekan yang pekerjaannya sebagai fotografer, make-up artist atau model designer, jangan ragu minta kontribusi mereka dan minta harga rekanan. Selain lebih terbangun karena kamu telah mengenali langsung dengan orangnya, kamu bisa harga yang lebih bersahabat.

  • Souvenir DIY

Toko komersil di luaran sana banyak pasarkan suvenir pada harga dapat dijangkau. Tapi, apa sebenarnya berguna dan bagus? Biasanya sih memiliki bentuk mainstream sekali dan sedikit digunain orang. Karena itu mendingan kamu bikin suvenirmu sendiri, misalnya DIY clutch untuk uang receh atau make-up. Perlu kain polos dan tali serut, kamu tinggal jait sendiri deh! Lebih berkesan, maksimal dan tentu saja lebih keren dibandingkan di toko komersil sana.

  • Pemilihan waktu sore hari

Konsumsi jadi salah satu pengeluaran terbesar untuk biaya pernikahan. Karenanya, supaya hemat, usahakan kamu mengadakan pesta acara pernikahan di sore hari: orang sudah selesai makan siang tapi belum waktunya makan malam. Karena itu, kamu perlu persiapkan camilan dan berbagai pilihan pasta atau crepes. Simpel, kan?

Apalagi buat kamu yang ada di tengah keluarga besar, bahan seragam untuk keluarga terlihat betul-betul makan anggaran. Tapi, kamu bisa taktiki dengan memerintah mereka gunakan satu warna selaras, putih, biru, atau merah misalnya. Usahakan untuk tentukan warna yang netral yang peluang pasti dimiliki oleh setiap orang. Untuk menyaratkan pihak keluarga, kamu bisa memberikannya pita bunga untuk pria dan memberikannya flower crown untuk beberapa wanitanya.