29/06/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Di Buka

4 min read
Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa di Buka

Kembali ke tahun 90-an, ketika seseorang ingin menonton film favoritnya, pengguna akan menontonnya di TV, memasang vcd/dvd atau menontonnya di bioskop.

Namun, dengan kemajuan teknologi dan dunia internet, pengguna kini dapat menonton film favoritnya melalui komputer dan smartphone. Salah satunya dengan membuka layanan streaming video bernama YouTube.

Menurut ulasan lenovoku.com, Dengan menggunakan layanan YouTube, pengguna dapat mengakses situs web YouTube dengan berbagai cara melalui browser, atau mengunduh aplikasi dari toko aplikasi seperti Google Playstore dan Appstore.

Nantinya, setelah pengguna mengunduh aplikasi, mereka dapat menonton video favorit mereka secara gratis, seperti klip video musik, film, talk show, komedi, stand-up comedy, pendidikan, komersial, dan jenis video lainnya.

Tetapi layanan dan aplikasi lain sama saja, karena beberapa aplikasi yang biasa kita gunakan tidak dapat dibuka karena berbagai alasan. Entah itu karena masalah jaringan, aplikasi tidak update, media penyimpanan penuh, dan faktor lainnya.

Jika demikian, pasti sulit bagi pengguna, apalagi sekarang YouTube menjadi salah satu media hiburan utama pilihan. Sebelum kita membahas cara mengatasinya, kali ini kita akan membahas apa itu youtube dan beberapa faktor yang membuat youtube tidak bisa dibuka.

Hapus Data Aplikasi Youtube

Kami akan menjelaskan bahwa cara pertama untuk mengatasi masalah aplikasi youtube tidak terbuka adalah dengan menghapus data aplikasi youtube. Data aplikasi YouTube sendiri mencakup semua data yang ada di dalam aplikasi, seperti file instalasi, cache, riwayat pencarian, file unduhan, file unggahan, komentar, dan file lainnya yang menyebabkan kesalahan pada aplikasi YouTube karena kelebihan data.

Bersihkan Memori RAM

Kami akan menjelaskan bahwa cara kedua untuk mengatasi masalah aplikasi youtube tidak bisa dibuka adalah dengan membersihkan memori ram di hp android kita. Hal ini dikarenakan jika memori menjadi penuh karena penginstalan banyak aplikasi, smartphone akan sering crash saat membuka aplikasi, termasuk aplikasi YouTube.

Hapus Cache Aplikasi Youtube

Cara ketiga untuk mengatasi masalah tidak bisa membuka aplikasi youtube adalah dengan mengosongkan cache aplikasi youtube. Tidak seperti data aplikasi yang berisi semua file aplikasi, cache hanya berisi file-file sementara yang disimpan dalam aplikasi, seperti data login, suka, komentar, dll.

Reinstall Youtube

Kami akan menjelaskan bahwa cara keempat untuk mengatasi masalah aplikasi YouTube tidak dapat dibuka adalah dengan menginstal ulang YouTube. Hal ini terjadi ketika file aplikasi youtube yang kita miliki rusak dan dirusak oleh virus. Inilah kenapa aplikasi youtube tidak bisa dibuka.

Hapus Aplikasi Pihak Ke Tiga

Ini karena untuk mendapatkan fitur tambahan, pengguna biasanya menggunakan layanan aplikasi pihak ketiga untuk memutar video YouTube. Seperti MyTube, Jasmine, TubePayer dan aplikasi lainnya. Walaupun hal ini akan mengganggu kinerja aplikasi youtube asli, sehingga tidak bisa dibuka.

Force Stop Aplikasi Youtube

Kami akan menjelaskan bahwa cara keenam untuk mengatasi masalah aplikasi YouTube tidak dapat dibuka adalah dengan menghentikan paksa aplikasi YouTube. Forced stop sendiri adalah tindakan menghentikan secara paksa sebuah aplikasi yang sedang berjalan di smartphone untuk berbagai keperluan, salah satunya karena aplikasi tersebut error dan tidak bisa ditutup secara default.

Update Aplikasi Youtube

Kami akan menjelaskan bahwa cara ketujuh untuk memperbaiki aplikasi youtube tidak dapat dibuka di smartphone android adalah dengan memperbarui aplikasi youtube. Hal ini dikarenakan setiap developer selalu mengupdate (update) aplikasi yang mereka buat di Playstore.

Oleh karena itu jika kita belum pernah mengupdate aplikasi youtube yang terinstall ke versi terbaru. Kemudian aplikasi youtube tidak bisa dibuka karena versi dan fungsinya terlalu lama.

Buka Youtube Dengan Browser

Kami akan menjelaskan bahwa cara ketujuh untuk memperbaiki aplikasi youtube tidak dapat dibuka di smartphone android adalah dengan memperbarui aplikasi youtube. Hal ini dikarenakan setiap developer selalu mengupdate (update) aplikasi yang mereka buat di Playstore.

Oleh karena itu jika kita belum pernah mengupdate aplikasi youtube yang terinstall ke versi terbaru. Kemudian aplikasi youtube tidak bisa dibuka karena versi dan fungsinya terlalu lama.

Instal File Mentahan YouTube (Apk)

Kami akan menjelaskan bahwa cara yang kesembilan untuk mengatasi masalah aplikasi youtube tidak dapat dibuka adalah dengan menginstal aplikasi youtube menggunakan file asli (apk). Sebelum melakukan cara ini, kita perlu mendownload file apk asli dari situs penyedia file apk (seperti situs Apkpure.com, Aptoide.com, Uptodown.com).

Nanti ketika sistem Android memberikan notifikasi peringatan adanya aplikasi yang tidak dikenal, kita klik tombol Allow Access untuk membuka dan menggunakan kembali aplikasi youtube setelah instalasi selesai.

Restart Smartphone

Ini sangat efektif jika aplikasi youtube hang dan layar ponsel tidak bisa lagi diselesaikan, karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Setelah kita me-restart ponsel Android kita nanti, semua aplikasi yang berjalan di background akan tertutup, memori tidak lagi penuh, dan hanya aplikasi penting saja yang akan berjalan. Cara me-restart ponsel Android Anda mudah. Cukup tekan tombol power smartphone kita sampai muncul beberapa pilihan. Kami mengklik opsi restart (muat ulang).

Cek Privasi Video

Kami akan menjelaskan bahwa cara yang kesebelas untuk mengatasi video youtube yang tidak bisa dibuka di smartphone android adalah dengan mengecek privasi video tersebut. Ini karena tidak semua video di YouTube bersifat publik, namun ada juga yang bersifat pribadi, sehingga pengguna tidak dapat membuka video tersebut.

Salah satu ciri dari private video adalah ketika kita mengklik thumbnail video maka akan muncul tulisan “This video is a private video” atau bingkai merah dengan ekspresi sedih. Tentunya untuk mengatasi masalah ini, kita harus mendapatkan izin dari pemilik video atau membayar untuk memutar video tersebut. Selain itu, Anda juga dapat membuka video YouTube pribadi dengan masuk menggunakan email kami (gmail).