29/01/2023

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Cara Menerbitkan Jurnal Internasional

2 min read
Daya Tarik Uluwatu Wedding Venue

Ok, pada bagian ini, kita akan membahas bagaimana cara mempublikasikan di jurnal internasional agar naskah Anda cepat diterima oleh jurnal internasional.

 

Silakan lihat langkah-langkah berikut:

Baca Juga : Publikasi Jurnal SInta

  1. Naskah artikel jurnal yang akan diterbitkan (draft)

 

Langkah pertama Anda menuju penerbitan di jurnal internasional adalah bahwa naskah Anda harus didasarkan pada temuan penelitian standar internasional. Saat mengutip dari jurnal lain, usahakan untuk mencantumkan kutipan dalam sumber aslinya.

 

  1. Terjemahkan bahasa secara profesional dan ilmiah

 

Dalam tata cara penerbitan jurnal internasional, semua jurnal internasional harus dalam bahasa yang sesuai dengan keputusan PBB, satu dalam bahasa Inggris dan lainnya dalam bahasa Inggris. Artikelnya sendiri, disesuaikan dengan ilmu, maksud, dan tujuannya.

 

Cara kedua untuk mempublikasikan di jurnal internasional adalah bahwa tata bahasa dalam naskah Anda harus dalam bahasa yang ditentukan PBB, seperti bahasa Inggris.

 

Juga, tulisan Anda harus mengikuti tata bahasa yang baik. Jika Anda tidak mahir berbahasa Inggris, alat terjemahan tidak disarankan karena hasilnya tidak akan optimal.

 

Nah, dalam hal ini, Anda bisa menyewa penerjemah jurnal yang kompeten untuk menerjemahkan jurnal Anda.

 

  1. Miliki jurnal yang relevan dengan komunitas ilmiah Anda

 

Ini wajib. Naskah yang Anda hasilkan harus konsisten dengan pengetahuan Anda saat ini. Jadi jika ingin mencari contoh atau referensi untuk jurnal internasional bisa langsung ke website Scopus, Thomson Reuters, Elsevier dan Proquest.

 

  1. Periksa jurnal yang sesuai

 

Artikel yang dirancang untuk penerbit jurnal internasional, apa yang harus Anda ketahui; tabel, gambar, grafik, dan lainnya untuk meningkatkan peluang Anda untuk dipublikasikan di jurnal.

 

  1. Tunggu proses review

 

Setelah artikel diterima oleh penerbit, metode publikasi selanjutnya di jurnal internasional adalah melalui proses review, dengan waktu proses peer reviewer mulai dari paling cepat 1 bulan hingga paling lama 8 bulan.

 

  1. Amandemen

 

Reviewer akan memberikan komentar berdasarkan saran dari peer reviewer. Hampir 90% perubahan yang dilakukan oleh penulis pemula terkait dengan bahasa. Oleh karena itu, dalam proses penerjemahan, peneliti profesional atau pekerjaan umum dituntut untuk menggunakan jasa penerjemahan.

 

  1. Pembayaran

 

Karena harga sendiri relatif tergantung dari harga penerbit, biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas proses dan hasil jurnal itu sendiri. Mulai dari $30 hingga $5000.

 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat digunakan sebagai referensi untuk pembuatan jurnal internasional. Bagi yang akan mengirimkan ke jurnal nasional, baca juga artikel kami tentang cara mudah membuat jurnal nasional.