26/06/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Cara Menerbitkan Buku

3 min read

 

Jika Anda ingin menjadi penulis, atau sudah menjadi penulis, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menerbitkan buku Anda sendiri. Tantangan terbesar adalah menemukan penerbit yang bersedia menerbitkan buku Anda. Belum lagi ancaman terbesar dari tidak menjual buku.

Memang, sekarang ada lebih banyak pilihan untuk menerbitkan buku, sebelum kami harus mengirim naskah ke beberapa penerbit besar yang bisa menerbitkan buku secara gratis. Namun karena proses kurasi yang ketat, naskah Anda tidak lolos seleksi.

Jika Anda yakin dengan naskah Anda, Anda sebenarnya bisa menerbitkan buku secara mandiri, kata Self-Publishing.

Sebelum menerbitkan buku, Anda harus mengetahui hal-hal berikut:

Pilih mode rilis

Penerbit buku memiliki banyak pilihan, dari penerbit besar hingga penerbit independen, dan mereka semua memiliki aturan sendiri untuk menerbitkan buku. Jika Anda ingin menerbitkan ke penerbit utama, tidak ada langkah berikutnya. Karena penerbit besar akan mengurus semuanya.

Sekarang, jika berbicara tentang penerbit independen, persyaratan rata-rata penerbit independen untuk menerbitkan buku sederhana. Soal biaya, ada perbedaan besar, tapi jangan kaget dengan biaya penerbitan yang murah. Pertama-tama lihat portofolio penerbit:

  • Berapa banyak buku yang telah diterbitkan?
  • Desain buku dari sampul hingga tata letak konten.
  • Model pemasaran dan kolaborasi.

Benar-benar diperiksa dan diedit

Jangan sungkan untuk mengecek tulisan sendiri, dengan mengecek kita bisa mengetahui tulisan yang salah, bahkan bisa mengetahui bagian kalimat mana yang salah. Sebaiknya jangan cek sendiri, minta teman cek buku.

Setelah selesai, edit buku secara perlahan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pilih ukuran buku berdasarkan genre buku
  • Perhatikan margin buku, sebagai ilustrasi buku A5 menggunakan margin 2 cm pada bagian atas, bawah, kiri dan kanan.
  • Pastikan awal bab berada pada halaman bernomor ganjil agar buku terlihat rapi dan nyaman.
  • Lihatlah koleksi Anda, itu bisa menjadi gambaran nyata seperti apa buku Anda.

Pilih judul yang mudah diingat

Mungkin Anda sudah memikirkan judul dari awal, tetapi itu belum tentu merupakan keputusan yang tepat. Anda tentu tahu bahwa judul buku adalah hal pertama yang menarik minat pembaca Anda.

Pilih beberapa judul yang dapat Anda pertimbangkan, tetapi jangan terlalu cepat memutuskan. Sisihkan beberapa hari dan cobalah untuk mengulas dan merenungkan buku itu. Buat keputusan secara perlahan karena judul adalah langkah pertama dalam buku Anda.

Format tata letak buku Anda

Setelah naskah diedit dengan cermat, sekarang kita pindah ke bagian Format Buku Anda. Mulai dari judul bab, perataan teks dan penomoran halaman. Hal ini tidak hanya memudahkan penerbit, tetapi penerbit dapat lebih memahami buku Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang tata letak buku Anda, sekarang ada banyak templat tata letak naskah yang dapat Anda unduh secara gratis. Tata letak konten dalam buku ini dapat dilakukan dengan menggunakan Microsoft Word atau Adobe InDesign. Sekarang pilih sesuai dengan kemampuan Anda.

Desain sampul buku Anda

Tanpa diragukan lagi, sampul buku ini adalah bagian paling kuat yang menarik perhatian pembaca. Sampul buku itu sendiri dapat memberikan kesan pertama pada karya buku Anda.

Untuk memilih desain cover buku harus memperhatikan resolusi gambar harus 300 Dpi. Kita bisa memilih desain cover buku yang menggunakan foto atau ilustrasi. Pilih berdasarkan kategori jenis buku Anda. Jangan hanya terlihat baik.

Untuk desain cover, kita bisa menggunakan Adobe Photoshop atau CorelDraw sesuai kemampuan kita.

Survei Harga Pasar Buku

Mengapa meneliti harga pasar buku? Karena melalui survei harga buku, Anda bisa mendapatkan gambaran umum tentang harga buku. Yang paling berbahaya adalah buku Anda terlalu mahal untuk dijual.

Padahal, harga jual buku tidak hanya ditentukan oleh biaya cetak, jenis buku juga menentukan harga buku, karena menentukan minat beli segmen pembaca.

Tentukan model pemasaran buku

Jualan buku saat ini terbilang mudah, apalagi bagi mereka yang sudah familiar dengan dunia media sosial. Dalam model penerbitan independen, kami dapat menjual buku sendiri, dan tentu saja keuntungannya langsung kepada Anda.

Anda dapat memasarkan buku Anda melalui Instagram, Facebook, atau bahkan Tiktok. Untuk cara berjualan bisa melalui Market Places seperti Tokopedia dan Shopee.

berapa banyak buku yang dicetak?

Tentu kita tidak ingin dibatasi oleh buku yang ingin kita jual, apalagi buku bisa menjadi bestseller. Anda dapat menggunakan sistem pre-order untuk menjual buku Anda. Selain biaya terendah dan risiko terendah.

Sekarang tidak perlu cetak majalah banyak, bisa cetak 50 buku dulu baru 100 buku, tergantung permintaan pembaca setiap bulannya.