27/06/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Cara Memilih Jurusan yang Tepat Sesuai Potensi Diri Kita Sendiri

2 min read
Cara Memilih Jurusan yang Tepat Sesuai Potensi

Memilih jurusan yang tepat dengan potensi yang kita miliki tentu akan menjadikan kita lebih bersemangat serta menikmati setiap proses yang ada. Dengan demikian, hasil yang didapat pun menjadi lebih optimal dibandingkan jika kamu memilih jurusan karena terpaksa maupun ikut-ikutan teman.

Cara Memilih Jurusan yang Tepat Sesuai Potensi Diri Kita Sendiri

Lantas, bagaimana cara memilih jurusan yang tepat sesuai potensi diri kita sendiri? Mari simak penjelasannya berikut ini.

  1. Mengetahui hobimu dengan baik

Sudah tahukah kamu apa sebenarnya hobimu selama ini yang paling sering membuatmu merasa happy? jangan menganggap remeh hobi yang kamu miliki. Hobi dapat menjadi salah satu jalan atau petunjuk untuk mengetahui potensi diri kamu sebenarnya.

Misalnya saja jika kamu suka menggambar atau menulis. Tentu kamu dapat mencari tahu apa jurussan yang sesuai untuk mengembangkan hobi sekaligus bakatmu tersebut.

  1. Menanyakan pada orang yang terdekat

Adakalanya orang terdekat akan lebih tahu tentang diri kita daripada diri kita sendiri. Maka dari itu, kamu bisa mencoba menanyakan apa yang membuat kamu merasa spesial atau lebih baik di mata mereka.

Kemudian, evaluasi apakah kelebihan yang kamu miliki tersebut memang sudah sejak dulu menjadi kepribadianmu maupun masih berkembang. Dengan demikian, kamu bisa mengambil keputusan secara bijak.

  1. Mengikuti tes bakat dan minat

Apakah kamu ingin memperoleh hasil lebih akurat? kamu bisa mencoba tes kepribadian minat dan bakat. Tes tersebut adalah modul psikologi guna mengetahui kecenderungan psikologis seseorang.

Dengan jawaban  kamu dari tes tersebut maka dapat dilihat bagaimana kecenderunganmu, termasuk hal-hal yang kamu minati, kekuatan, potensi dan juga kelemahan diri. Hasil ini nantinya akan memberikan kesimpulan tentang jurusan apa yang paling tepat untuk kamu pilih.

Meskipun tes ini terpercaya karena dilakukan oleh psikolog ahli, namun  bukan berarti hasil yang tertera harus kamu ikuti. Hasil tes ini hanya menjadi rekomendasi untuk kamu pertimbangkan dalam memilih jurusan.

Demikian cara memilih jurusan yang tepat sesuai potensi diri kita sendiri yang bisa kamu terapkan saat kamu kebingungan memilih jurusan rasmakom. Semoga bermanfaat!