29/01/2023

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Cara Melihat ID Scopus

2 min read

Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui cara melihat ID Scopus Anda dengan mudah dan cepat! Sebelum kita ke intinya, mari kita kenali dulu Scopus

Kenali SCOPUS

Untuk jurnal ilmiah, beberapa penulis/dosen sering mengikuti jurnal atau prosiding terindeks Scopus. Namun banyak orang awam yang belum mengetahui apa itu Scopus.

Scopus adalah salah satu database kutipan literatur ilmiah yang disediakan oleh Elsevier, salah satu penerbit terkemuka di dunia. Scopus diperkenalkan ke masyarakat luas pada tahun 2004. Scopus biasanya bersaing dengan Web of Science (WOS), yang diterbitkan oleh Thomson Reuters, yang juga merupakan pusat data terbesar di dunia. WOS diterbitkan lebih awal dari Scopus, tetapi Scopus sebenarnya lebih populer dan menawarkan lebih banyak jurnal (lebih dari 20%) daripada WOS. Di samping Scopus, Sciencedirect adalah database lain dengan banyak data. Seperti yang Anda ketahui, database ini juga diterbitkan oleh Elsevier.

Kedua database ini fokus pada empat bidang ilmiah. Ini termasuk ilmu alam dan teknik, ilmu kehidupan, ilmu kesehatan, ilmu sosial dan humaniora. Namun, Scopus mencakup lebih banyak jurnal daripada Sciencedirect. Hal ini dikarenakan Sciencedirect hanya memuat data artikel dari jurnal yang diterbitkan oleh Elsevier. Scopus tidak hanya menyajikan pencapaian ilmiah, tetapi juga menyajikan data paten untuk berbagai penelitian di seluruh dunia.

Selain itu, Scopus menawarkan layanan untuk menilai apakah jurnal Anda memberikan dampak yang signifikan. Tingkat pengaruh Anda ditampilkan sebagai Simago Journal Rank (SJR) Anda. SJR membantu mengukur dampak ilmiah dari artikel rata-rata jurnal.

Metodologi yang digunakan untuk mengukur dampak terhadap SJR pada dasarnya sama dengan perhitungan impact factor (IF) Thomson Reuters. IF adalah rata-rata artikel jurnal yang dikutip selama periode dua tahun. Mengingat begitu banyak manfaat dan minat banyak orang, tak heran jika banyak penulis berlomba-lomba agar jurnalnya bisa terindeks di Scopus.

Scopus adalah lembaga pengindeks terbesar yang diakreditasi oleh Ristekdikti. Namun, ada pengindeks lain yang diakui oleh Riset dan Teknologi sebagai pengindeks untuk jurnal terkenal seperti Thomson Reuters dan Microsoft Academy Research.

Scopus ID adalah nomor artikel penelitian unik yang ditetapkan untuk sebuah makalah setelah diindeks oleh Scopus. Scopus tidak memiliki identitas yang memainkan peran kunci yang seharusnya dimiliki peneliti. Namun menurut saya masih banyak orang yang bingung bagaimana cara melihat Scopus ID. Bagaimana menemukan ID Scopus Anda 5 langkah dan cara mudah cek ID Scopus kamu

Baca Juga: Publikasi Jurnal Sinta

 Cara Melihat ID Scopus Anda sangat mudah.

Berikut langkah-langkahnya:

 

  • 1. Akses halaman https Scopus.

//www.scopus.com

  • 2. Klik Author Search di menu atas.
  • 3. Masukkan nama publikasi jurnal dan detail afiliasi.
  • Empat. Jika Anda memiliki banyak artikel yang diterbitkan, Anda dapat dengan mudah melakukan ini