09/12/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Bubur Pedas Khas Kalimantan Barat, Menu Bubur yang Cocok buat Disantap Kapan saja

3 min read

Olahan bubur khas Kalimantan Barat ini konon merupakan hidangan bagi para bangsawan di Kerajaan Melayu Deli.  Bukan hanya populer sebagai kuliner khas Suku Melayu Sambas di Kalimantan Barat, bubur pedas juga bisa dijumpai di wilayah Singkawang, Bengkayang, Mempawah, Sintang, dan Pontianak di Kalimantan Barat.  Menu ini bahkan juga ada di Negeri Jiran Malaysia.

Bubur pedas khas Sambas, Kalimantan Barat ini menyajikan cita rasa gurih dan sedikit pedas di dalamnya.  Meskipun hidangan ini banyak dijual pada bulan Ramadhan namun bukan berarti hanya bisa ditemukan pada bulan Ramadhan saja.  Hidangan ini sangat cocok buat disantap kapan saja karena sensasi rasanya begitu menggugah selera.

Meskipun namanya bubbor paddas atau bubur pedas, namun cita rasa bubur ini cenderung gurih dan tidak terlalu pedas.  Bubur ini terbuat dari beras yang telah ditumbuk halus dan dimasak bersama aneka sayuran dan kuah kaldu.

Biasanya bubur pedas disajikan bersama kacang goreng, teri goreng, dan bawang goreng.  Untuk memberikan sensasi rasa pedas bisa ditambahkan saus sambal dan untuk sensasi asam yang segar bisa dengan air perasan jeruk limau.

Untuk membuat menu bubur pedas bahan-bahan yang diperlukan adalah beras, kelapa parut, tetelan sapi atau daging ayam.  Sementara untuk sayurannya bisa menggunakan kangkung, tauge, rebung, daun pakis, jagung pipil, daun kesum dan juga daun kunyit.

Untuk bumbunya terdiri dari bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan merica.  Bumbu lainnya adalah daun salam, lengkuas dan sereh yang akan membuat aroma bubur pedas semakin sedap dan menggoda.

Langkah pertama untuk membuat bubur pedas adalah dengan mencuci beras dan meniriskannya baru kemudian disangrai dan ditumbuk sampai halus.  Demikian juga dengan kelapa parutnya yang disangrai dan ditumbuk halus.

Langkah selanjutnya adalah merebus tetelan sapi atau daging ayam sampai matang dan dimasak bersama bumbu halus, daun salam dan juga lengkuas yang sudah dimemarkan.  Selanjutnya beras tumbuk dan kelapa parut bisa dimasukkan dan diaduk-aduk secara merata.

Aneka sayuran bisa dimasukkan dengan tetap diaduk dan dimasak dengan api kecil sampai matang.  Bubur pedas pun siap untuk disajikan bersama bahan pelengkap lainnya seperti kacang goreng, taburan bawang goreng, ikan teri, jeruk limau, dan kecap manis sesuai selera.

Selain bisa membuatnya sendiri di rumah, kuliner ini juga bisa dinikmati di beberapa tempat makan di Kalimantan Barat.  Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat makan bubur pedas yang bisa dikunjungi saat berwisata ke Kalimantan Barat.

Yang pertama ada Bubur Pedas Pak Ngah yang berada di Jalan P. Natakusuma No. 74, Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.  Bubur pedas di tempat ini disajikan bersama kuah kaldu dan toping berupa daging ayam dan ikan teri sehingga sensasi rasanya semakin menggugah selera.

Selanjutnya ada Warung Pa’Ngah yang beralamat di Jalan Komyos Sudarso, Gang Jagung No. 1, Sungai Jawi Luar, Pontianak Barat, Pontianak, Kalimantan Barat.  Di tempat ini bubur pedas bisa disantap bersama kikil maupun daging sesuai selera.  Selain bubur pedas, tempat ini juga menyediakan menu khas lainnya seperti mie sagu dengan cita rasa yang tak kalah menggoda.

Yang terakhir ada Rumah Makan 68 yang lokasinya tidak begitu jauh dari Sungai Kapuas, tepatnya di Jalan Apel No. 42, Sungai Jawi, Pontianak, Kalimantan Barat.  Di rumah makan ini kamu bisa menikmati bubur pedas dengan porsi yang cukup banyak dan kuah kental yang gurih menggoda.

Sumber : nyero.id