21/10/2020

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Buah Penurun Kolesterol yang Bisa Jadi Alternative Camilan

Buah Penurun Kolesterol yang Bisa Jadi Alternative Camilan

Menjaga pola makan adalah salah satu upaya yang sangat disarankan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Sebagaimana diketahui, kolesterol LDL bisa menjadi biang gangguan kesehatan, salah satunya stroke. Oleh karenanya, dengan menjaga pola makan, maka kadar kolesterol bisa diturunkan. Itulah kenapa Anda perlu mengetahui buah penurun kolesterol.

Secara umum, mengonsumsi buah memang merupakan kebiasaan baik yang harus dilakukan. Buah memiliki berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan secara umum. Nah, diantara beragam buah tersebut, ada buah-buahan yang bisa diandalkan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh. Bahkan, Anda bisa menjadikannya sebagai camilan!

Lantas, apa saja buah terbaik yang bisa diandalkan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Ragam Buah yang Efektif Untuk Menurunkan Kolesterol

Ada cukup banyak pilihan buah yang bisa dijadikan opsi konsumsi guna menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh. Beberapa jenis buah tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Anggur

Siapa yang tidak suka buah yang satu ini? Anggur termasuk buah yang memiliki rasa lezat dan bisa dijadikan camilan. Di dalam buah ini terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Nah, kandungan antioksidan inilah yang akan menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL di dalam tubuh.

Selain itu, anggur memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat yang ada di dalamnya akan mampu melancarkan aliran darah serta memberikan perlindungan pada jaringan tubuh.

  • Apel

Buah lain yang bisa diandalkan untuk mengurangi kadar kolesterol LDL di dalam tubuh adalah apel. Salah satu kandungan terbaik dan terbesar dari buah yang satu ini adalah pektin. Pektin ini merupakan serat larut air di mana mampu menurunkan kolesterol LDL secara signifikan.

Juga, karena kandungan seratnya yang cukup tinggi, apel akan mampu menjaga perut merasa kenyang dalam waktu yang lama. Oleh karenanya, menggunakan apel sebagai camilan bisa menjadi kebiasaan menyehatkan yang menyenangkan.

  • Alpukat

Bisa dikatakan bahwa alpukat adalah buah yang paling disukai sejuta umat. Rasanya yang nikmat memang menjadi alasan kenapa cukup banyak orang yang menggemari buah yang satu ini. Terlebih, alpukat juga memiliki kandungan gizi yang tidak bisa diremehkan.

Di dalam alpukat terdapat kandungan lemak tak jenuh dan serat yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang membuat alpukat bisa diandalkan untuk menurunkan kolesterol LDL serta menyehatkan jantung secara umum.

Nah, beberapa buah-buahan di atas bisa dijadikan opsi untuk menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh secara efektif. Konsumsi beragam buah penurun kolesterol tadi dan perbanyak olahraga untuk menjaga tubuh tetap sehat serta kadar kolesterol yang stabil. Semoga bermanfaat.