27/06/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Bisnis YG Cocok Untuk Pelajar

4 min read
Bisnis YG Cocok Untuk Pelajar

Kamu masih mahasiswa? Perusahaan seperti apa yang cocok untuk mahasiswa? Tentu saja siswa zaman sekarang perlu lebih kreatif. Belajar, belajar, dan berorganisasi saja tidak cukup. Selain mempersiapkan bekal untuk dunia profesional, tak ada salahnya mahasiswa belajar berbisnis.

Siapa tahu profesi ini akan digeluti di kemudian hari. Tidak ada yang salah dengan menjalankan universitas atau berbisnis. Saat ini mahasiswa dapat menjalankan berbagai bisnis khususnya bisnis online.

Sekarang, siswa perlu kreatif untuk hidup mandiri, tidak hanya mengandalkan uang orang tua. Hari-hari ini selama kuliah sebenarnya bisa menjadi waktu terbaik bagi siswa untuk memulai bisnis.

Dapat dikatakan bahwa wirausaha mahasiswa bukan hanya sekedar sampingan untuk menambah uang jajan, tetapi juga semacam modal pengalaman setelah lulus dari perguruan tinggi.

Agar bisnis online dapat berkembang dengan lancar, tentunya harus pandai mencari peluang dan berani mengambil resiko.

Siswa dapat menjalankan beberapa bisnis. Tentunya bisa juga disesuaikan dengan minat, keterampilan, dan bakatnya. Mari kita lihat beberapa ide bisnis online yang cocok untuk dijalankan mahasiswa tanpa dana.

#1. Menjual barang secara online

Mungkin Anda akan bertanya, dimana sebaiknya Anda berjualan?

Tentunya toko online yang Anda buat tidak hanya untuk teman-teman di kampus saja, tetapi juga untuk jangkauan yang lebih luas dari pelanggan lainnya. Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya berbagai fitur media sosial dan pemasaran.

Jadi, bagaimana jika Anda tidak memiliki dana untuk membeli apa yang ingin Anda jual?

Jangan khawatir, Anda bisa menjual barang melalui distributor dan sistem konsinyasi. Jadi modal yang dibutuhkan akan sangat kecil, tetapi keuntungan tetap bagus. Tentu saja, hasilnya tergantung pada seberapa banyak upaya yang Anda lakukan untuk memasarkan produk.

Ada banyak produk yang bisa dijual di Internet. Bahkan sekarang hampir semua produk bisa dijual di Internet, mulai dari makanan, pakaian, peralatan dapur, peralatan makan, produk elektronik, produk IT, dan lain sebagainya.

Cobalah untuk memilih produk yang benar-benar Anda minati. Umumnya, jika suatu bisnis sesuai dengan passion atau hobi Anda, akan lebih mudah untuk berhasil karena Anda akan lebih semangat menjalankannya.

Jika Anda tidak memiliki dana untuk membeli produk yang ingin Anda jual, Anda dapat memanfaatkan sistem reseller dan direct selling yang ditawarkan oleh banyak toko online lainnya.

Ada banyak alat di Internet yang dapat digunakan untuk menjual produk, seperti situs web, media sosial, atau pasar.

Menurut ulasan dari situs web anakpelajar.com, Anda dapat membuat website khusus untuk toko online Anda untuk penjualan dan promosi. Saat ini sudah banyak penyedia jasa yang menawarkan website toko online dengan harga murah.

Selain itu, media sosial juga sangat berguna untuk promosi. Beberapa media sosial yang cocok untuk penjualan antara lain Facebook, Twitter, dan Instagram.

Apalagi sekarang sudah ada fungsi periklanan di media sosial yang bisa mempercepat pertumbuhan bisnis. Selain itu, alat obrolan seperti Line juga cocok untuk penggunaan bisnis.

Beberapa media sosial dan alat obrolan memang menyediakan fitur khusus bagi para pebisnis. Untuk platform e-commerce, saat ini ada dua platform e-commerce yang populer, yaitu Bukalapak dan Tokopedia.

Anda dapat mempromosikan produk Anda di beberapa pasar. Intinya, coba manfaatkan berbagai alat di Internet untuk promosi. Untuk menarik pelanggan, mungkin Anda dapat mengatur program diskon, hadiah, dan kegiatan lainnya.

#2. Berbisnis pulsa elektrik

Banyak mahasiswa memilih bisnis ini karena dana yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Meskipun merupakan perusahaan modal kecil, jika dikelola dengan baik dan dioperasikan dengan hati-hati, keuntungannya masih cukup besar.

Jika Anda tidak memiliki dana, Anda dapat mencoba membeli kredit dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Anggap saja sebagai membeli kredit untuk diri sendiri.

Jika dihitung, keuntungan dari bisnis ini kurang lebih Rp 500-Rp 1500 per penjualan pulsa. Tentunya saat ini banyak orang yang membutuhkan kredit, sehingga segmen pasarnya sangat luas.

Tapi ingat, semua bisnis akan beresiko, termasuk bisnis ini. Anda harus siap dengan konsekuensi masalah penagihan, terutama jika pelanggan yang membeli kartu kredit adalah teman dekat atau anggota keluarga. Anda harus tegas mengisi pulsa listrik yang mereka beli.

#3. Berjualan makanan kecil

Usaha ini juga merupakan pendekatan yang tepat, karena banyak orang yang menyukai jajanan atau makanan kecil. Selama kuliah, jajanan juga dibutuhkan untuk menopang perut yang lapar. Anda bisa menjual jajanan di kampus terlebih dahulu.

Anda bisa menjual segala macam jajanan, seperti jajanan, kue, kue kering, dan air mineral.

#4. Menjual kemampuan diri di internet

Apakah Anda memiliki keterampilan penjualan khusus? Misalnya, desain, pemrograman, penulisan, bahasa terjemahan, pemasaran, entri data, dan kemampuan lainnya.

Di era yang kompleks saat ini, Anda dapat mempromosikan keterampilan Anda secara online. Mulai sekarang, cobalah untuk membangun merek Anda sendiri di Internet melalui media sosial atau blog.

Dengan memperbaiki diri sendiri, orang lain akan mengetahui kemampuan Anda. Selain itu, cobalah untuk membuat status yang kurang penting di media sosial. Hal ini dilakukan agar profil Anda terlihat profesional di mata orang lain.

Mungkin tidak cukup untuk mengatakan bahwa Anda adalah seorang ahli di bidang tertentu, tetapi Anda harus menunjukkan pekerjaan Anda kepada orang lain. Cobalah untuk memposting semua pekerjaan Anda di media sosial atau blog.