25/06/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Bimbel Masuk Kedokteran UI

2 min read

Jurusan kedokteran selalu dibanjiri peminat setiap tahunnya. Tak mengherankan kalau persaingan masuk jurusan kedokteran pun kian ketat. Apalagi di kampus favorit sekelas Universitas Indonesia. Tak ayal banyak pelajar yang pilih bimbel masuk kedokteran UI sehingga sanggup lolos tes SBMPTN. Lantas, apakah ikut Bimbel masuk kedokteran terbaik berupa wajib?

 

Ingin Masuk Kedokteran UI? Kenali Dulu Beberapa Hal Ini

Selain panggilan hati, alasan terbesar masuk ke fakultas kedokteran adalah prospek karir yang menjanjikan di jaman depan. Tak mengherankan kalau peminat jurusan ini konsisten makin tambah dari th. ke tahun. Namun, sebelum masuk ke jurusan kedokteran, ada beberapa perihal yang mesti diketahui sehingga persiapan masuk perguruan tinggi sanggup lebih maksimal lagi.

 

Pemahaman Kuat Di Bidang Sains

Syarat utama masuk ke kedokteran adalah memiliki pemahaman kuat di bidang sains. Artinya ada empat bidang ilmu yang mesti dimengerti secara baik, yaitu Biologi, Kimia, Fisika, sampai Matematika. Di jenjang pendidikan S1, mahasiswa kedokteran tidak memadai mengenal tubuh manusia, namun terhitung sadar faedah dan korelasi antar organ tubuh manusia.

Selain itu, untuk sadar langkah kerja sel dan tubuh manusia, dibutuhkan ilmu Kimia. Begitu pun ilmu Fisika yang dibutuhkan untuk sadar langkah kerja alat X-Ray, sadar proses EKG sampai alat rekam jantung.

 

Nalar dan Logika yang Sistematis

Fokus utama di dalam ilmu kedokteran adalah mempelajari proses tubuh manusia. Untuk mendapatkan solusi atas suatu problem kesehatan, alur proses tubuh manusia tidak boleh terlewatkan. Oleh maka dari itu dibutuhkan nalar dan analisis yang sistematis untuk menjadi seorang dokter.

 

Kemampuan Bahasa Inggris

Jurusan kedokteran pun membutuhkan kemampuan bhs Inggris yang mumpuni. Sebab textbook yang digunakan di kedokteran tidak hanya berbahasa Indonesia saja. Bahkan textbook berbahasa Inggris bersama dengan makna Bahasa Latin pun kerap kali digunakan sebagai bacaan mesti sepanjang kuliah.

 

Lolos Tes SBMPTN

Selain tiga faktor di atas, untuk sanggup masuk ke jurusan kedokteran UI pelajar mesti lolos tes SBMPTN. Dengan kualifikasi seperti yang udah disebutkan di atas, pasti dibutuhkan persiapan benar-benar sehingga sanggup lolos. Apalagi kalau mengingat ketatnya persaingan di jurusan kedokteran. Karena itulah bimbel masuk kedokteran UI banyak dijadikan strategi sehingga lolos di dalam tes SBMPTN.

 

Kenapa Harus Ikut Bimbel SBMPTN untuk Masuk Kedokteran UI

Ada bermacam alasan kenapa pelajar SMA yang menginginkan masuk kedokteran mesti ikut bimbel masuk kedokteran UI. Melalui bimbel spesial maupun online, pelajar yang hendak masuk ke jurusan kedokteran sanggup lebih fokus dan lebih gampang di dalam sadar materi.

Dengan adanya latihan soal SBMPTN dari th. sebelumnya dan tutor yang profesional, kesempatan masuk fakultas kedokteran UI pun sanggup lebih besar.