25/06/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Berikut Manfaat dan Khasiat Buah Tomat yang Perlu Kamu Ketahui

2 min read

Tomat merupakan salah satu buah yang sangat menyehatkan di muka bumi ini. Sebagian banyak orang menganggap bahwa tomat merupakan buah dan sebagian orang lainnya menganggap kalau tomat sebagai sayuran. Namun terlepas dari itu semua, yang pasti tomat adalah makanan yang sangat banyak  mengandung segudang manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Hal ini tidak terlepas karena tomat menawarkan sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh.

 

Satu sajian tomat yang masih mentah yaitu sekitar 150 gram dan mengandung beberapa vitamin yang diantaranya A, C, K, folat, dan juga kalium. Tomat secara alami sangat rendah akan sodium, lemak jenuh, kolesterol, dan juga kalori. Tomat juga mengandung tiamin, niasin, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan juga mengandung tembaga, di mana semua kandungan tersebut sangatlah diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh manusia.

Selain itu, seporsi tomat menyediakan sekitar 2 gram serat, yang dimana merupakan 7 persen dari jumlah asupan serat harian yang disarankan. Tomat juga memiliki kandungan air yang relatif tinggi. Nah langsung saja berikut ini ulasan manfaar buah tomat yang dikutip dari web Soponyonomedia.com lengkap.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Menjaga kesehatan kulit

Tomat sangat berfungsi membuat kulit anda tetap sehat dan juga indah. Beta-karoten yang terkandung dalam buah tomat (juga ditemukan pada wortel dan ubi jalar), sangatlah membantu melindungi kulit anda dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Buah tomat juga sangat banyak mengandung likopen, di mana senyawa itu berfungsi untuk melindungi kulit anda dari kerusakan akibat sinar UV, penyebab utama garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

 

  1. Membantu tulang anda tetap kuat

Vitamin K dan juga kalsium yang terdapat dalam tomat sangatlah baik untuk memperkuat dan juga memperbaiki tulang. Likopen yang terkandung dalam buah tomat juga telah diketahui dapat meningkatkan massa tulang, dan hal ini sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.

 

  1. Membantu melawan penyakit kanker

Tomat adalah pelawan kanker yang sangat alami. Sekali lagi, likopen yang terkandung dalam tomat dinilai sangat mampu dalam mengurangi risiko beberapa jenis kanker termasuk kanker prostat, penyakit serviks, penyakit mulut, penyakit  faring, penyakit tenggorokan, penyakit  kerongkongan, penyakit lambung, penyakit usus besar, penyakit dubur, dan juga penyakit kanker ovarium. Tomat juga mengandung banyak vitamin diantaranya yaitu vitamin A dan C, antioksidan yang sangat berperan dalam melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel.

 

  1. Membantu mengatur gula darah

Manfaat tomat lainnya yaitu dapat menjaga gula darah anda tetap seimbang. Tomat merupakan sumber yang sangatlah baik dari kromium yang dapat membantu mengatur gula darah dalam tubuh anda.

 

  1. Membantu meningkatkan daya penglihatan

Tomat sangat dipercaya dapat meningkatkan daya penglihatan mata anda. Vitamin A yang terkandung dalam tomat memiliki peran dalam memperbaiki penglihatan anda dan juga sangat membantu mencegah rabun senja. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah gangguan mata yang serius dan sulit untuk dipulihkan.