11/08/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Benarkah Anda Butuh Minum Air Putih 2 Liter Per Hari?

2 min read

Minum air putih mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain mencegah dehidrasi, rutin minum air putih efektif membantu melancarkan kinerja fungsi ginjal sehingga proses membuang racun dan limbah berbahaya dari dalam tubuh bisa berjalan lebih optimal.

Selain itu, mencukupi kebutuhan air putih punya beberapa manfaat, diantaranya:

  • Membantu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh dalam membakar lemak.
  • Mengoptimalkan kinerja sistem pencernaan dalam mengolah makanan.
  • Membantu mengendalikan nafsu makan, dan membakar kalori.
  • Membantu mengoptimalkan kinerja seluruh organ tubuh, terutama jantung.
  • Membantu mempercepat proses distribusi nutrisi bagi tubuh.
  • Mempercepat proses metabolisme tubuh.

Selain itu, masih banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Bagi yang sedang menjalankan program diet, air putih juga bisa mengoptimalkan program diet. Selain menekan rasa lapar, air putih juga dapat membantu mengendalikan rasa lapar palsu.

Banyak penelitian yang membuktikan jika manfaat konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup akan langsung dirasakan oleh orang-orang dengan penyakit jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes dan kelebihan berat badan atau overweight.

Kebutuhan Cairan Tubuh

Anda pasti sering mendengar anjuran minum air putih 2 liter per hari. Jumlah tersebut pada dasarnya hanya rekomendasi rata-rata saja, dan bersifat tidak mutlak. Faktanya, dalam kondisi tertentu kebutuhan minum air putih bisa jauh lebih tinggi dari biasanya.

Jumlah kebutuhan tersebut ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya:

  • Faktor kehamilan. Bagi wanita hamil, kebutuhan minum air putih jauh lebih tinggi ketimbang kondisi normal. Bahkan banyak pakar merekomendasikan tambahannya hingga 30 persen.
  • Orang yang menjalankan aktivitas fisik atau bekerja di luar ruangan, butuh asupan air putih lebih tinggi ketimbang mereka yang menjalankan aktivitas fisik rendah.
  • Faktor cuaca. Dalam kondisi cuaca panas, atau di musim panas, kebutuhan air putih umumnya lebih tinggi ketimbang kondisi normal.
  • Faktor kesehatan tertentu, seperti diabetes, masalah ginjal, hipertensi, penyakit jantung dan lainnya bisa berbeda satu sama lain. Konsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Selain itu, sebenarnya masih banyak faktor lainnya yang bisa membuat kebutuhan cairan Anda bisa lebih banyak, atau bahkan lebih sedikit ketimbang kondisi normal.

Langsung Minum Ketika Haus

Untuk mengenali kebutuhan tersebut, tubuh punya mekanisme unik lewat sinyal haus dan lapar palsu. Maka jangan diabaikan, segera minum segelas air putih saat rasa haus datang. Hal yang sama berlaku saat lapar, coba minum segelas air putih. Jika lapar itu hilang, inilah yang disebut lapar palsu.

Untuk memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan cairan, pastikan untuk selalu membawa Air sejuk Adem Sari. Produk air mineral ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda, dengan bentuk kemasan yang cukup unik.

Nilai pH dalam Air Sejuk Adem Sari ini hanya 6.8, sangat ideal dijadikan sebagai konsumsi harian. Hal ini sesuai dengan rekomendasi Environmental Protection Agency (EPA) tentang air minum yang disarankan memiliki nilai pH antara 6.5-8.5.

Selain itu, air sejuk Adem Sari juga bukan air putih biasa. Di dalamnya terkandung sejumlah mineral penting bagi tubuh, seperti Potassium, Sodium, Kalsium dan magnesium. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda hanya perlu menyiapkan 4-5 botol air sejuk Adem Sari kemasan 600 ml