08/03/2021

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Belajar Baca Huruf Al-Qur’an

Bagi seorang muslim, membaca Al-Qur’an dengan cara yang baik dan benar sesuai kaidah tajwid adalah sebuah kewajiban. Maka dari itu, diperlukan pembelajaran konsisten dan rutin agar dapat mencapai hal tersebut. Ada berbagai cara untuk memulai mempelajari dan belajar baca huruf Al-Qur’an ini.

Belajar Baca Huruf Al-Qur’an

Cara-Cara Belajar Baca Huruf Al-Qur’an dengan Tepat

Anda dapat mempelajari cara baca huruf Qur’an dengan tepat dan benar. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan tidak membingungkan. Langkah-langkahnya juga bisa diikuti oleh semua orang. Berikut adalah beberapa penjelasannya.

  1. Mengenal Dasar Huruf Hijaiyah Dahulu

Huruf hijaiyah menjadi hal paling mendasar untuk seseorang yang ingin belajar membaca Al-Qur’an. Hal ini terjadi karena dalam Bahasa Arab huruf abjadnya adalah huruf hijaiyah ini sendiri. Bahasa Arab juga menjadi bahasa asli dari Qur’an.

Mengenalkan terlebih dahulu huruf hijaiyah memang menjadi suat hal yang sangat dibutuhkan dalam mempelajari dan membaca Qur’an. Dalam huruf ini terdapatnya setidaknya 29 jenis. Cara membacanya sedikit mirip dengan huruf alfabet dalam Bahasa Indonesia.

  1. Memahami Tanda Baca dan Hukumnya dalam Qur’an

Hal berikutnya adalah memahami tanda baca atau harakat yang ada dalam Qur’an. Tanda-tanda tersebut memiliki fungsi sebagai aturan yang menentukan mengenai pengucapan huruf dalam sebuah bacaan. Semua itu biasa disebut sebagai makhajirul huruf sebagai cara belajar baca huruf Qur’an.

Selain itu, ada juga hukum-hukum dari tanda baca tersebut. Seperti gunnah, idghom bilangunnah, mad wajib muttasil, iqlab, idzhar dan lain sebagainya. Fungsi dari semua hukum itu adalah untuk sebagai cara untuk membaca Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid yang berlaku.

  1. Memastikan Bahwa Pembacaan Huruf Hijaiyah Anak Sudah Benar

Selanjutnya, memastikan bahwa cara baca huruf hijaiyah seseorang sudah benar adalah hal tepat untuk dilakukan. Ini untuk semakin mengetahui kelancaran ejaan huruf oleh sang anak. Dengan begitu dapat diketahui huruf-huruf tertentu yang masih salah pengucapannya.

Untuk memperbaiki kesalahan tersebut dibutuhkan kesungguhan dan kerajinan mempraktekkannya dan terus belajar. Agar nantinya dapat tercipta kemampuan membaca Qur’an yang lebih baik. Anda juga bisa memanfaatkan mainan edukasi untuk membantu dalam proses pembelajaran ini.

Demikian penjelasan mengenai belajar baca huruf Qur’an. Bagi pembaca yang membutuhkan uraian mengenai hal ini, mungkin sedikit pembahasan pada artikel di atas dapat membantu untuk memberikan gambaran-gambarannya dengan baik. Sekian dan semoga dapat memberikan manfaat.