09/12/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Beberapa ciri Anakan Cendet Jantan

4 min read
Beberapa ciri Anakan Cendet Jantan

Cendet sebagai salah satunya burung yang banyak di gemari oleh beberapa kicaumania. Cendet ialah burung kicau super pintar yang sempat saya piara, tidaklah aneh bila cendet memiliki macam kicauan yang banyak dan bervariatif.

Antiknya kembali, cendet bisa juga tirukan suara yang aneh-aneh seperti suara tokek, siulan, ayam, dan suara unik lainnya. Apa lagi bila burung cendet dipiara semenjak anakan, tentu macam kicauanya akan bagus dan bermacam.

Saat ingin memiara anakan cendet atau umum disebutkan trotolan cendet, tentu anda inginkan anakan cendet yang sejenis kelamin jantan. Karena telah banyak dijumpai jika cendet jantan memiliki suara yang tebal dan moralnya oke.

 

Untuk anda yang ingin beli anakan cendet jantan, cocok sekali pada ini kali saya akan share sebuah pengalaman berkenaan langkah membandingkan anakan cendet jantan dan betina secara mudah.

 

Beberapa ciri Anakan Cendet Jantan

Kepala Anakan Cendet Berupa Papak

Saat anda menyimak wujud kepala anakan cendet seperti referensi dari https://kicaumania.net/ , trotolan cendet jantan memiliki wujud kepala yang kotak dan papak (gepeng). Wujud kepala sebagai hal penting untuk ketahui tipe kelamin anakan cendet.

Bahkan juga saat cendet telah dewasa juga kepalanya akan tetap berupa papak atau gepeng. Untuk menyaksikan ciri-ciri ini, anda dapat memperhatikan anakan cendet saat nongkrong atau saat dia sedang rileks, tentu memiliki bentuk akan kelihatan.
Alis di Sisi Mata Terlihat Pekat

Trotolan cendet jantan memiliki warna alis hitam pekat dan tajam, ada pula yang mengatakan kedok pada cendet. Ini berlaku untuk tipe anakan cendet “zoro” yang saat dewasa memiliki bagain hitam segaris dengan mata.

Untuk cendet type semi, karena itu kedoknya akan sampai pada belakang mata dan di atas kepala cendet. Dan akan terlihat full hitam sampai ada di belakang kepala untuk tipe anakan cendet kepala hitam (Jawa timur dan Madura).
Sorot Mata Benar-benar Tajam

Ciri-ciri anakan cendet jantan yang seterusnya dapat disaksikan di bagian matanya. Biasanya, Anakan cendet jantan memiliki sorotan mata yang paling tajam dan melotot.

Meskipun ciri-ciri ini cuman tepat di angka 60% minimal dapat membuat anda oke saat pilih anakan atu trotolan cendet di ombyokan. Sorot mata sebagai keunikan khusus dari burung jantan, tidak hanya cendet saja.
Warna putih Di Sayap Lebih Tegas

Selainnya warna hitam sisi luar sayapnya yang warna hitam tegas, trotolan cendet jantan memiliki warna corak putih yang tegas juga pada bagian sayapnya.

Anda coba perhatikan anakan ccendet yang hendak diputuskan, perhatikan warna sayapnya apa warna hitam pekat dan putih pekat atau warna cukup lusuh. Kalau berwarna tajam atau pekat, kemungkinan anakan cendet itu ialah jantan.
Ekor Bersatu dan Warna Hitam Tegas

Cendet jantan sama dengan warna bulu-bulu hitam yang pekat setiap sisi badannya. Termasuk di bagian ekor, cendet anakan memiliki wujud ekor dengan rapi bersatu dan berwarna hitam tegas.

Langkah paling terang untuk menyaksikan ciri-ciri ini ialah saat anakan cendet sedang nongkrong atau sedang ngeriwik.
Kelihatan Gagah Saat Berdiri

Anakan cendet jantan memiliki wujud badan yang gagah dan tegap, hingga terlihat benar-benar gagah saat nongkrong. Disamping itu wujud kaki anakan cendet jantan semakin besar dan kelihatan benar-benar kuat cengkeramannya.
Suara Tet Tet Keras dan Terang

Saat anakan, pasti burung cendet tidak dapat berkicau. Tetapi anakan cendet memiliki perasaan kicau yang mengeluarkan bunyi tet tet semenjak anakan. Nach untuk anakan cendet jantan, suara tet tet ini kedengar benar-benar keras dan suaranya terang.

Supaya anda dapat semakin terang, silakan lihat gambar anakan cendet jantan di bawah ini.

 

Cendet anakan jantan

Itu berkenaan ciri-ciri anakan cendet jantan, untuk menegaskan kembali saya akan memberi ciri-ciri anakan cendet betina.

Ciri-ciri Anakan Cendet Betina
– Kepala anakan cendet betina berupa lonjong/ oval (cukup membulat)
– Warna kedok pada bagian kepala terlihat tipis, sirna dan cukup keabu abuan.
– Ada bercak-bercak di atas kepala tetapi kelihatan cukup sirna.
– Warna hitam pada bagian sayap condong abu-abu atau lusuh
– Warna putih di bagian terlihat sirna
– Warna hitam pada bagian ekor cendet anakan betina warna sirna keabu-abuan.
– Saat nongkrong, cendet betina condong duduk dan tidak kelihatan gagah.
Harga Anakan Cendet Jantan dan Betina

Harga trotolan atau anakan cendet benar-benar bervariatif sama sesuai tipe dan stock yang ada di pasar. Biasanya harga anakan cendet jantan sekitar di antara 120rb untuk cendet zoro, 150rb untuk cendet semi, dan 200rb untuk cendet madura dan wilayah jawa timur.

Untuk cendet betina tidak dapat saya yakinkan karena semua penjual anakan cendet 90% tentu ngomong jika anakan cendet yang dijualnya ialah jantan. Karena itu anda sebaiknya pilih anakan cendet jantan sesuai ciri-ciri fisik yang saya ulas di atas.

Itu ulasan saya pada posting ini kali berkenaan langkah membandingkan anakan atau trotolan cendet jantan dan betina. Silakan anda ketahui keterangan ciri-ciri fisik cendet jantan dan betina di atas, perhatikan photo ketidaksamaan ke-2 nya ya supaya anda lebih memahami.