23/01/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Bagaimana mungkin membedakan SEO dan SEM dalam SERP?

2 min read

Jasa Penulisan Artikel – Sebelum membahas perbedaan yang lebih spesifik, saya ingin menunjukkan secara singkat perbedaan yang jelas yang dapat Anda lihat sebagai pengguna Google.

Dan mesin pencari tidak tertarik untuk menipu pengguna, sehingga selalu meninggalkan metode untuk membedakan antara organik dan berbayar.

 

»Hasil organik

Jika Anda melihat lebih dekat, dalam SERPs kita dapat menemukan hasil yang berbeda, namun, pada titik ini ada dua yang ingin saya soroti:

 

Hasil organik (SEO)

Pada tangkapan layar yang saya tunjukkan di atas, saya menunjukkan kepada Anda hasil untuk kata kunci “apa itu instagram” dan, seperti yang Anda lihat, pada halaman hasil kami memiliki dua hasil pertama yang biasanya Anda lihat dalam pencarian apa pun.

Namun, jika Anda melihat lebih dekat, ini adalah hasil pertama yang “benar”.

Mari saya jelaskan: dalam hal ini, sebagai pencarian informasi murni dan tanpa pretensi komersial, Google tidak menampilkan hasil pembayaran apa pun di atasnya.

 

»Hasil pembayaran

Namun, ketika kita melakukan pencarian yang agak lebih “tertarik” dari segi komersial atau ekonomi, kita pasti akan melihat hasil berbayar dari Google Ads (Adwords).

 

Hasil berbayar Google Ads

Ini adalah kasus pencarian yang Anda lihat di atas pada gambar.

 

Cara termudah untuk mengidentifikasi apakah suatu hasil ada di posisi itu oleh SEO atau SEM adalah dengan melihat dari dekat atribut yang muncul.

Semua hasil Iklan, tanpa kecuali, memiliki label “Iklan” khusus tepat di atas judulnya, disertai dengan alamat web tempatnya dan informasi opsional yang mungkin berbeda, seperti nomor kontak yang muncul dalam contoh.

Apakah perbedaan antara hasil SEO dan SEM ini benar-benar relevan? Ya, tapi tidak sekaligus.

Dan itu akan tergantung pada niat pencarian yang dimiliki pengguna ketika memilih kata kunci yang berisi iklan di SERP.

Perbedaan SEO dan SEM yang Harus Anda Ketahui

Sekarang, mari kita beralih ke perbedaan antara kedua strategi.

 

Saya mengingatkan Anda bahwa perbedaan ini, alih-alih menjadi penghalang untuk menggunakan kedua strategi bersama-sama, sangat cocok untuk saling melengkapi dan menutupi kelemahan utama mereka.

Mereka pada dasarnya adalah strategi yang berbeda

Sedangkan «Search Engine Optimization«, berfokus pada optimasi situs web untuk meningkatkan posisi organik atau alami di mesin pencari; “Pemasaran Mesin Pencari” adalah strategi yang berfokus pada penggunaan iklan berbayar untuk memberikan visibilitas ke situs web.

 

Perbedaan inilah yang paling penting, dan itulah alasan mengapa kedua strategi dapat saling melengkapi tanpa saling mengganggu.