27/06/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Langkah Mudah Atasi Asam Lambung Naik di Malam Hari

2 min read

Malam hari adalah waktu yang baik untuk tubuh beristirahat secara maksimal. Dengan tubuh yang bugar, kamu akan dapatkan kualitas kesehatan yang baik. Akan tetapi, malam hari bisa menjadi salah satu momok bagi penderita asam lambung.

Tips Pencegahan Naiknya Asam Lambung pada Malam Hari

Meski malam hari juga berpotensi untuk asam lambung naik, bukan berarti kamu yang menderita masalah lambung harus khawatir berlebihan. Di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi asam lambung yang naik pada malam hari.

Mengatur Pola Makan

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah pola makan yang benar dengan memperhatikan makanan untuk asam lambung. Sebaiknya kamu memberikan jadwal terkait dengan jam makan, kemudian mematuhinya. Gunakan metode makan sering dengan porsi sedikit dibandingkan makan besar sekaligus.

Sangat disarankan untuk menghindari makanan berlemak tinggi, gorengan kafein, dan buah yang asam seperti keluarga citrus: jeruk nipis, jeruk bali, jeruk lemon. Dianjurkan untuk konsumsi 500 kalori dan 20 gram lemak dalam sekali makan.

Memperhatikan waktu tidur malam

Permasalahan lain yang harus diperhatikan penderita asam lambung, tak hanya dari makanan, melainkan juga jam istirahat. Jika Anda berniat tidur jam 10 malam, usahakan makan jam 7 atau jam 8 malam.

Pengosongan perut dalam dua jam sebelum tidur akan membantu lambung dan ususmu bekerja lebih baik. Hal ini akan mengurangi GERD atau asam lambung yang meningkat secara tiba-tiba pada waktu malam hari.

Menggunakan bantal yang lebih tinggi

Posisi tidur ketika asam lambung naik juga harus diperhatikan. Gunakan bantal yang lebih tinggi dibandingkan kaki agar tubuh lebih mudah miring ke kiri. Selain itu, posisi kepala yang lebih tinggi akan mengurangi gaya gravitasi sehingga membuat asam lambung tidak banyak berpindah dari dalam perut.

Mengurangi rokok dan perbanyak air putih

Jika penderita penyakit lambung terbiasa merokok, maka aktivitas satu ini dapat memicu asam lambung naik pada malam hari. Oleh karena itu, kurangi rokok dan konsumsi air putih lebih banyak agar kondisi Anda lebih stabil pada waktu beristirahat.

Salah satu inovasi makanan sehat bisa kamu dapat dari produk umbi Garut untuk asam lambung, yakni Nutriflakes. Komposisinya cukup baik menutrisi lambung dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang.