Aplikasi Desain Rumah Yang Mudah Untuk Digunakan

Anda akan membutuhkan sebuah pemikiran yang sangat matang untuk membeli sebuah rumah. Selain itu, Anda juga harus melalui banyak proses untuk memiliki sebuah rumah impian Anda. Namun, tidak semua orang ingin membeli rumah secara langsung, karena banyak orang lebih memilih untuk membeli tanah dan mendesain dan membangun rumah sendiri sesuai dengan ide dan keinginan mereka sendiri.

Merancang dan membangun rumah sesuai keinginan kita sendiri merupakan sebuah hal yang sangat menarik dan dapat memberikan sebuah rasa kepuasan yang dahsyat. Buat kamu yang ingin mencoba untuk mendesain rumah impian sendiri, silahkan gunakan beberapa aplikasi desain rumah yang akan kami sebutkan dibawah ini :

1. SketchUp

SketchUp adalah aplikasi desain rumah yang sudah banyak digunakan oleh desainer rumah profesional. Aplikasi ini berasal dari perangkat komputer, sehingga Anda memerlukan perangkat desktop atau laptop untuk menggunakannya. SketchUp juga merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mendesain rumah secara baik, totalitas dan fleksibel. Saat ini, Anda dapat mengunduh aplikasi SketchUp ini melalui perangkat Android atau Ios.

2. SmartDraw

Aplikasi untuk mendesain rumah impian selanjutnya yang wajib banget anda coba adalah SmartDraw. Aplikasi desain rumah ini sangat mudah untuk anda gunakan dan juga memiliki tampilan yang sangat modern. Pada aplikasi ini Anda dapat melihat rumah Anda dalam versi 3D dan melihatnya dari sudut yang berbeda.

3. Houzz

Dilansir dari rumahberita.co.id, Houzz adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan inspirasi dari rumah impian Anda dan juga bisa anda gunakan untuk membuat desain interior. Perlu anda ketahui bahwa saat ini Aplikasi Houzz sudah bisa anda gunakan di perangkat smartphone dan PC, sehingga Anda dapat menggunakan aplikasi dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

4. Home Design 3D

Jika Anda ingin merasakan sebuah sensasi menarik dalam memvisualisasikan rumah beneran, maka aplikasi Home Design 3D ini bisa menjadi solusi terbaik. Aplikasi satu ini memiliki sebuah fitur yang mana bisa membuat Anda dapat melihat hasil desain rumah Anda secara real-time dengan mengandalkan hasil rendering fotorealistik.

5. Home Outside

Aplikasi desain rumah selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah Home Outdoor. Aplikasi ini akan membantu Anda dengan mudah unduk mendesain tata letak rumah Anda dalam tampilan dua dimensi. Aplikasi ini sudah tersedia di AppStore di iOS dengan harga Rp 35.000, dan bisa kamu unduh secara gratis di PlayStore di Android.

6. Floorplanner

Floorplanner adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan para penggunanya untuk dapat dengan mudah dalam mendesain dan mendekorasi rumah baik tampilan 2 atau 3 dimensi. Aplikasi ini tidak mengharuskan Anda untuk mengunduhnya terlebih dahulu, jadi Anda dapat melakukannya langsung secara online. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk membuat dan mendesain denah lantai di rumah dengan mudah dan cepat.

7. Planner 5D

Salah satu aplikasi desain rumah yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah Planner 5D. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat menarik dan sederhana sama sepertihalnya SketchUp. Aplikasi ini sendiri memiliki beberapa fitur menarik yang bisa Anda gunakan secara langsung dalam menjelajahi hasil desain rumah dari sudut yang berbeda. Aplikasi ini sendiri dapat anda gunakan di platform PC, dan anda harus memerlukan spesifikasi komputer yang kencang agar aplikasi tersebut bisa anada gunakan secara lancar.

8. HomeByMe

HomeByMe adalah salah satu aplikasi desain rumah yang bisa Anda unduh dan dapatkan secara gratis. Aplikasi ini sendiri memiliki tampilan yang sangat unik dan menarik. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan beberapa katalog langsung barang yang dapat digunakan untuk mendesain interior rumah Anda agar terlihat lebih otentik.

9. Smartdraw

Aplikasi Smartdraw ini sendiri sudah tersedia secara online dan bisa anda gunakan melalui perangkat komputer. Untuk menggunakan aplikasi Smartdraw ini, kamu harus berlangganan terlebih dahulu dan biaya berlangganannya adalah Rp 130.000 per bulan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya : Anggota Polsek Bukit Kemuning Ringkus Pelaku Curat Di Halaman Rumah

Aplikasi Smartdraw ini juga akan membantu Anda dalam membuat atau mengubah desain tata letak rumah Anda. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga sudah pernah digunakan oleh Tesla untuk mendesain rumah impiannya.

10. Artlantis

Setelah Anda menyelesaikan desain rumah Anda, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Artlantis untuk mempercantik dan memberikan sentuhan ekstra. Aplikasi Artlantis bisa anda gunakan di platform Komputer. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat merender desain rumah agar terlihat lebih nyata dan real.

11. ArchiCAD

ArchiCAD adalah salah satu aplikasi desain rumah profesional yang belakangan ini sedang populer digunakan. Aplikasi ini sendiri hanya tersedia untuk platform Windows dan Mac saja. Menurut kami, aplikasi satu ini agak rumit untuk digunakan. Akan tetapi, Aplikasi ArchiCAD ini malah banyak diminati oleh para desainer rumah, baik profesional maupun sekedar untuk belajar.

12. Lumion

Jika Anda memiliki komputer dengan spesifikasi tinggi, Anda dapat menggunakan aplikasi Lumion untuk mendesain dan merender hasil desain rumah impian Anda. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk dapat membuat video dengan tata letak 3 dimensi dengan merender gambar.

13. vRay

Aplikasi vRay merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai pelengkap dari aplikasi SketchUp. Aplikasi ini sendiri memiliki sebuah fitur bernama Easy Render yang bisa anda gunakan untuk dapat meningkatkan kualitas desain rumah impian Anda. Selain itu, aplikasi vRay juga dapat anda gunakan untuk mengubah tampilan gambar rumah impian Anda menjadi lebih realistis dan nyaman dipandang.