22/01/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Apakah Cincin Pernikahan Memiliki Sertifikat Resmi?

2 min read

Pernikahan memang selalu tidak pernah lepas dengan cincin sebagai simbol pengikatnya. Maka dari itu banyak orang yang bersedia membeli cincin pernikahan yang bagus untuk dikenakan. Lalu seperti apa tips memilih cincin pernikahan yang baik .

Apakah Cincin Pernikahan Memiliki Sertifikat Resmi?

Karena cincin pernikahan ini akan dikenakan dengan jangka waktu yang lama. Maka kamu bisa membuat cincin pernikahanmu awet selalu. Simak tips berikut ini untuk kamu praktekkan.

Tips Supaya Cincin Pernikahan Selalu Terawat

Ikuti tips berikut ini, supaya cincin pernikahan kamu awet secara lama.

1. Gunakan Di Jari Tangan Yang Tidak Dominan

Meski banyak orang yang percaya bahwa setiap cincin yang diletakkan di jari kanan atau kiri memiliki makna tersendiri. Sebenarnya hal ini tidaklah salah, seperti sejarah Yunani yang setiap jari kanan atau kiri memiliki makna yang berbeda.

Tetapi jika kamu ingin awet untuk cincin pernikahan kamu maka lebih baik mengenakan di jari tangan yang tidak dominan. Ini akan membuat cincin emas pernikahan kamu menjadi lebih awet.

2. Hindari Banyak Pemakaian Deterjen

Sabun mandi, deterjen pencuci pakaian atau shampo pastinya banyak mengandung bahan kimia. Hal ini tentunya harus kamu hindari untuk membuat cincin pernikahanmu awet lebih lama.

Kamu bisa melepas terlebih dahulu jika dirasa kegiatan kamu memerlukan banyak bahan kimia. Selain tidak baik untuk perhiasan kamu, penggunaan bahan kimia yang cukup banyak bisa memudarkan warna perhiasan.

3. Bersihkan Dengan Jasa Profesional

Meski kamu jarang menggunakan mahar cincin kamu, tetap saja pasti warnanya akan memudar seiring waktu. Untuk menghindari hal tersebut, bersihkan perhiasan kamu menggunakan jasa profesional.

Tips Yang Wajib Ada Saat Membeli Cincin Pernikahan

Beberapa tips berikut ini wajib ada saat kamu membeli cincin untuk pernikahan kamu.

1. Jaminan

Karena perhiasan bukanlah barang yang murah, maka setiap pembeliannya wajib ada jaminan. Kamu harus memiliki surat atau sertifikat atas cincin nikah yang kamu beli.

Ini merupakan hal yang wajib ada saat kamu membeli cincin nikah atau sebuah perhiasan.

2. Kadar Emas

Kalau kamu membeli sebuah perhiasan untuk cincin nikah kamu. Maka wajib mencantumkan berapa kadar emas yang terkandung di dalamnya. 

Sebenarnya cincin pernikahan tidak ada harus berapa gram minimal untuk kamu miliki. Cukup pastikan kadar emas dan memang sudah disepakati dengan pasangan sebelum membelinya.

3. Bahan Material

Kalau kamu membeli sebuah perhiasan pastikan bahan material yang tertulis sesuai dengan barang yang kamu beli. Pastikan kamu memilih bahan cincin nikah yang bagus, karena setiap bahan pasti memiliki kelebihan masing-masing.

Menikah bukan hanya soal cincin saja tetapi kesiapan mental dan lainnya juga. Cincin hanya sebagai simbol ikatan dalam sebuah pernikahan.

Beberapa cara memilih serta yang wajib ada dalam sebuah perhiasan harus kamu pahami. Beberapa tips memilih cincin pernikahan di atas semoga dapat membantumu menemukan cincin yang baik.