25/06/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Alternatif Hijau untuk Kemasan Plastik

4 min read
Flexible-Packaging-Sample

Terlepas dari apa yang diklaim oleh lagu Aqua’s Barbie Girl , plastik tidak fantastis. Ini telah menjadi pilihan populer dalam bahan kemasan selama abad terakhir karena kualitasnya yang murah, ringan dan tahan lama, tetapi sayangnya ini telah menciptakan masalah limbah global.

Karena kurangnya sistem untuk menangani sampah plastik, barang-barang ini berakhir di lautan dan lingkungan kita – 80 juta ton di antaranya berasal dari AS saja setiap tahun.

Barang-barang seperti poly mailer bag plastik, stiker dan tape masih umum digunakan oleh bisnis di seluruh dunia meskipun ada alternatif kemasan plastik ramah lingkungan yang tidak menambah polusi plastik secara global.

Tapi tidak harus seperti ini. Gelombang perubahan sedang berlangsung di ruang bisnis berkat penemuan alternatif kemasan ramah lingkungan yang dapat diterapkan oleh berbagai ukuran bisnis.

Merangkul ekonomi sirkular dan menciptakan normal baru dimulai dari kita, jadi inilah saatnya untuk melepaskan plastik dan merangkul opsi kemasan baru yang berkelanjutan untuk bisnis kita.

Jika Anda siap untuk go green dan merangkul alternatif bebas plastik tetapi tidak yakin harus mulai dari mana, berikut adalah 6 opsi kemasan ramah lingkungan untuk Anda mulai.

  1. Parit poli mailer plastik untuk mailer kompos

Poli mailer plastik adalah salah satu barang kemasan yang paling umum digunakan untuk bisnis e-niaga, namun plastik sial yang mereka buat dapat memakan waktu ratusan tahun untuk terurai di tempat pembuangan sampah.

Sebagai produk bervolume tinggi, mengganti mailer plastik dengan opsi yang lebih berkelanjutan adalah tempat yang tepat untuk memulai jika Anda ingin membuat perubahan yang benar-benar berdampak pada kemasan Anda.

Mailer kompos dibuat dari polimer berbasis bio dan bahan gandum atau jagung yang tidak beracun. Mereka kembali ke bumi dan tidak meninggalkan bagian yang berbahaya saat pengomposan baik secara komersial atau melalui sistem kompos rumah.

Kami bangga dengan betapa tahan lama, tahan air, dan kuat mailer noissue kami jika dibandingkan dengan mailer poli plastik biasa. Ini berarti mereka lebih baik untuk pengiriman, lebih baik untuk bisnis, lebih baik untuk planet ini.

Kiat pro: Jika Anda ingin dapat menyesuaikan kemasan pengiriman Anda dengan beberapa desain merek, kami sarankan untuk beralih ke surat Kraft . Mailer ini terbuat dari bahan daur ulang dan benar-benar dapat dibuat kompos dan dapat disesuaikan.

  1. Ganti kertas kado dengan kertas tisu bersertifikasi FSC

Kertas berasal dari pohon, jadi Anda akan berpikir sebagian besar bahan yang terbuat dari kertas itu alami dan berkelanjutan, bukan? Tidak terlalu. Pohon adalah sumber terbarukan, tetapi memanennya membutuhkan banyak sumber daya.

Selain itu, ada baiknya untuk melihat keseluruhan bahan make-up kertas. Kertas pembungkus atau kartu dalam kemasan seringkali dilapisi dengan lapisan glossy yang sulit diurai atau didaur ulang.

Di mana Anda dapat membuat perbedaan dalam hal keberlanjutan terletak pada seberapa etis kertas yang Anda pilih diproduksi. Kertas bersertifikasi FSC (Forest Stewardship Council) seperti kertas tisu noissue dan kartu custom dibuat dari sebagian bahan daur ulang dan sisanya dari pulp kayu baru.

Pulp ini dipanen dengan cara yang berkelanjutan secara sosial dan sertifikasi memastikan pilihan yang bertanggung jawab dibuat dari awal hingga akhir. Kertas FSC juga dapat dikomposkan dan bebas asam, artinya tidak ada bahan kimia yang terlepas selama proses penguraian.

  1. Hapus selotip plastik untuk selotip yang diaktifkan air yang dapat disesuaikan

Tidak ada yang seperti pita kemasan dalam hal kegunaannya untuk menyegel kemasan. Satu langkah lebih baik dari ini adalah pita yang dapat disesuaikan yang penuh dengan kepribadian untuk meramaikan bagian luar paket.

Namun, beberapa opsi untuk pita kustom lebih ramah lingkungan daripada yang lain. Kebanyakan pita perekat standar tidak dapat terurai secara hayati sehingga tidak rusak dalam pengomposan. Ini biasanya karena perekat yang digunakan untuk ‘menempel’ meninggalkan residu berbahaya.

Kaset berbasis air, di sisi lain, diaktifkan menggunakan spons atau dispenser untuk memulai faktor lengket.

Perekat alami menghilangkan kerja keras dalam kompos Anda dan pekerjaan ekstra yang perlu dilakukan untuk melepaskan pita berbahaya sebelum Anda mendaur ulang atau membuat kompos kemasan Anda, membuat prosesnya lebih mudah bagi pelanggan Anda juga.

  1. Perdagangkan kemasan sekali pakai untuk surat daur ulang

Plastik merupakan bahan yang tidak dapat terurai secara alami seperti sisa makanan dan sayuran.

Jika dibuang ke tempat sampah alih-alih didaur ulang, ia akan hidup di tempat pembuangan sampah dan lingkungan selama ratusan tahun. Itulah mengapa mendaur ulang plastik sedapat mungkin mengurangi kebutuhan untuk membuat lebih banyak bahan sekali pakai yang pada akhirnya akan menambah tumpukan sampah.

Pengemasan seperti mailer plastik daur ulang 100% berarti menggunakan kembali bahan yang tidak baru atau perawan. Ini membuat plastik yang sudah ada tetap beredar dan memberi plastik ini kesempatan kedua untuk hidup, mengikuti prinsip ekonomi sirkular.

Setelah mencapai akhir perjalanan yang dapat digunakan kembali, mailer daur ulang tanpa masalah dapat didaur ulang di mana pun plastik lunak diterima dan diubah menjadi sesuatu yang baru. Ini membuat plastik yang sudah ada tetap beredar dan menjalani kehidupan baru.

Mailer daur ulang kami bahkan memiliki strip perekat kedua yang berarti tas dapat digunakan kembali oleh penerima, yang merupakan win-win!