14/08/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Alasan kenapa mobil getarannya terlalu terasa

5 min read
mobil bergetar

Miliki mobil cukup lama dan ada kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah mobil. Dan salah satu masalah yang paling umum dan paling mengganggu adalah getaran. Terlebih lagi, itu sering merayapi Anda secara bertahap dan halus — sampai suatu hari Anda mendapati diri Anda bertanya-tanya bagaimana Anda bisa tahan dengan gangguan seperti itu.

Mungkin kemudian Anda bertanya pada diri sendiri, apa artinya jika mobil saya bergetar? Meskipun tidak ada pengganti untuk penilaian seseorang dengan latar belakang otomotif yang luas, Anda sering dapat mempersempit sumber masalah mobil yang relatif umum, seperti getaran.

Perbaikannya bisa berupa sesuatu yang relatif murah dan sederhana, seperti rotasi atau keseimbangan ban. Atau itu bisa menandakan masalah mobil yang lebih serius — sesuatu yang lebih mahal, seperti masalah kemudi atau suspensi.

Mendiagnosis masalah mobil pada tahap awal mungkin tampak merepotkan pada awalnya, tetapi Anda harus ingat bahwa ini sering dapat menyelamatkan Anda dari masalah mobil yang lebih besar (dan tagihan perbaikan yang lebih besar) di kemudian hari.

Jika kendaraan Anda bergetar, bergetar, atau bergetar di luar kebiasaan, atau jika Anda hanya tertarik untuk mencegah kondisi tersebut sejak awal, teruslah membaca. Artikel ini akan membahas 10 alasan utama di balik mobil bergetar.

1: Masalah Mesin

Terkadang getaran atau getaran akan muncul dari mesin mobil Anda, yang bisa menandakan salah satu dari beberapa masalah. Pikirkan Stok

Terkadang guncangan atau getaran akan muncul dari kompartemen mesin, karena mesin tidak mendapatkan jumlah udara, bahan bakar, atau percikan yang tepat yang dibutuhkan untuk bekerja dengan lancar.

Gejala yang mungkin mengindikasikan kasus getaran yang berhubungan dengan mesin termasuk yang berikut:

Gemetar atau menyentak terjadi selama akselerasi

Staccato bergetar, seolah-olah di atas “strip gemuruh” jalan raya, dalam rentang kecepatan tertentu
Mobil mulai dan mengemudi dengan baik untuk sementara waktu, tetapi kemudian mulai bergetar

Jika anda sedang berada di Jogja, mungkin tidak ada salahnya periksa melalui bengkel mobil Honda di Jogja. Biasanya dealer honda Jogja sudah ada bengkel mobilnya sekalian.

Gejala-gejala ini bisa menjadi sinyal bahwa sudah waktunya untuk memasang busi . Jika busi baik-baik saja, bisa jadi kabel busi perlu diperiksa (apakah urutannya terhubung dengan benar?) atau diganti.

Juga pertimbangkan bahwa filter udara yang kotor atau filter bahan bakar yang tersumbat dapat membuat mesin kekurangan oksigen atau bahan bakar. Filter ini tidak mahal dan mudah diganti, jadi lihatlah manual pemilik Anda dan pastikan untuk mengganti filter pada interval yang direkomendasikan pabrikan.

2: Dudukan Motor Buruk

Dudukan motor, atau dudukan mesin , adalah bagian yang menjaga mesin mobil Anda tetap di tempatnya. Jika Anda pernah melihat-lihat di bawah kap mesin Anda, mungkin terlihat seperti mesin ditahan di tempatnya hanya dengan terjepit di sana. Pada kenyataannya, itu diamankan ke sasis mobil dengan dudukan motor, yang dapat bervariasi dalam penampilan berdasarkan ukuran, bentuk, dan kekuatan yang dibutuhkan untuk setiap mobil tertentu.

Dudukan motor biasanya terbuat dari logam dan karet, dan dapat ditemukan terletak di antara mesin dan “rangka” mobil. (Istilah “rangka” digunakan secara longgar di sini, karena lokasi spesifik mesin di dalam ruang mesin menentukan di mana ia akan dibaut, dan itu sedikit berbeda untuk setiap mobil.) Dengan kata lain, mesin akan selalu dibaut ke struktur komponen, meskipun komponen tersebut bervariasi berdasarkan desain kendaraan.

Logam di dudukan motor memberikan integritas struktural yang diperlukan untuk menahan segala sesuatu di tempatnya, dan karet membantu menyerap getaran mesin. Tentu saja, kedua bahan ini aus seiring waktu, dan dudukan motor perlu diganti secara berkala. Saat dudukan motor aus, logam tidak lagi memberikan penahan yang kuat antara mesin dan sasis , dan karet tidak lagi menyerap semua getaran. Ini mungkin alasan yang mungkin Anda rasakan tiba-tiba atau bertahap bergetar di bagian depan mobil Anda.

Jika Anda memiliki mobil berperforma tinggi atau mobil yang telah dimodifikasi, Anda mungkin memiliki dudukan motor berperforma tinggi, yang terbuat dari bahan yang lebih kencang dan tidak menyerap banyak getaran. Tidak ada yang salah dengan dudukan motor yang lebih kencang, tetapi beberapa pengemudi menganggapnya mengganggu.

Dudukan motor yang buruk bisa membuat kendaraan Anda bergetar, tetapi bagaimana jika getaran buruk itu hanya terjadi saat Anda mengerem? Cari tahu di halaman berikutnya.

3: Masalah Rem

Jika getaran buruk itu muncul atau meningkat hanya saat Anda mengerem, kemungkinan besar itu adalah penyebabnya. Supersmario/ThinkStock

Apakah getaran buruk itu muncul atau meningkat saat Anda mengerem? Jika demikian, ada kemungkinan besar mobil Anda bergerak dengan rotor rem yang bengkok, atau rotor.

Rotor adalah komponen berbentuk cakram perak mengkilap pada kendaraan dengan sistem rem cakram . Rotor bisa bengkok karena keausan berat — pada dasarnya, panas berlebih karena penghentian lebih dari yang dapat ditangani oleh rotor tertentu. Alih-alih menjadi rata rata sepanjang jalan, rotor yang berubah bentuk dinaikkan atau diturunkan pada sebagian permukaannya. Kaliper dan bantalan rem, yang menekan rotor rem untuk menghentikan mobil, tidak bisa mencengkeram rotor yang bengkok. Oleh karena itu, getaran.

Jika Anda tidak terbiasa dengan kunci pas, ada baiknya Anda menemui spesialis rem yang dapat memberi tahu Anda kondisi rotor atau tromol kendaraan Anda (pada mobil dengan rem tromol ).

4: Masalah Gandar

Bahkan penyok kecil fender dapat menyebabkan kerusakan pada as mobil Anda, yang pada gilirannya dapat membuat mobil bergetar. Kwangmoozaa/ThinkStock

Kendaraan kami penuh dengan komponen yang berputar bolak-balik yang harus berada dalam pengukuran, atau toleransi tertentu, agar dapat bekerja dengan baik.

Jika as roda bengkok — yang sebenarnya cukup mudah dilakukan dalam tabrakan atau kecelakaan lainnya — itu akan menciptakan guncangan pengendaraan sesudahnya. Dengan masalah ini, getaran sering bertambah intensitasnya saat Anda mengemudi lebih cepat.

Masalah terkait adalah bahwa driveshaft juga perlu diperiksa. Bagian yang berputar cepat ini mentransfer tenaga mesin ke as dan roda belakang di kendaraan penggerak roda belakang. Jika ditekuk, dapat menyebabkan goncangan.

Sambungan kecepatan konstan (CV) yang aus termasuk dalam kategori yang sama. Jika “sepatu bot” — karet, penutup seperti akordeon di sekitar ujung gandar penggerak — masih utuh, klem aman dan tidak ada pelumas yang merembes keluar, kemungkinan bukan itu masalahnya.

Tetapi jika sepatu bot robek, itu berarti kotoran dan debu serta kotoran jalan masuk dan merusak sambungan. Untuk mobil penggerak roda depan, sambungan CV yang dipanggang berarti Anda juga akan membeli as penggerak baru.

Biasanya masalah diatas kita alami saat membeli mobil bekas, itulah kenapa kami pribadi lebih tertarik untuk membeli mobil baru, walaupun itu sekedar mobil biasanya seperti mobil  brio misalnya.

Lagipula, untuk anda yang ingin mencicil. Cicilan Honda Brio bisa dimulai 1 jutaan. Silahkan anda hubungi sales mobil Honda terdekat untuk mendapatkan penjelasannya.

Kami sarankan anda untuk mencari sales mobil Honda terdekat melalui salah satu portal Sales Mobil Honda Indonesia, yaitu halohonda.com