28/05/2023

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

Akreditasi sinta sampai berapa?

3 min read

SINTA atau Science and Technology Index adalah sistem penilaian dan pengindeksan jurnal ilmiah di Indonesia yang diluncurkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2015. SINTA bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian di Indonesia dan memberikan pengakuan pada jurnal-jurnal ilmiah berkualitas tinggi yang dihasilkan oleh para peneliti dan akademisi di Indonesia. Salah satu kriteria penting dalam penilaian jurnal di SINTA adalah akreditasi jurnal.

 

Akreditasi jurnal adalah proses dimana sebuah jurnal dinilai berdasarkan kriteria tertentu dan diberi peringkat atau akreditasi tertentu. Jurnal yang telah terakreditasi biasanya dianggap memiliki kualitas penelitian dan publikasi yang tinggi dan memenuhi standar internasional dalam hal publikasi. Sementara itu, jurnal yang belum terakreditasi biasanya belum memenuhi standar tertentu dalam hal publikasi dan kualitas penelitian.

 

Baca Juga : Publikasi Jurnal Nasional Terakreditasi

 

Dalam SINTA, terdapat empat tingkat akreditasi jurnal, yaitu:

 

SINTA 1

 

Jurnal yang mendapatkan akreditasi SINTA 1 dianggap sebagai jurnal yang memiliki kualitas penelitian dan publikasi yang sangat baik. Jurnal dengan akreditasi SINTA 1 biasanya telah memenuhi kriteria-kriteria yang ketat dalam hal publikasi dan kualitas penelitian. Jurnal-jurnal dengan akreditasi SINTA 1 biasanya juga terdaftar di basis data internasional seperti Scopus, Web of Science, dan lainnya.

 

SINTA 2

 

Jurnal yang mendapatkan akreditasi SINTA 2 dianggap sebagai jurnal yang memiliki kualitas penelitian dan publikasi yang baik. Jurnal dengan akreditasi SINTA 2 biasanya telah memenuhi kriteria-kriteria tertentu dalam hal publikasi dan kualitas penelitian.

 

SINTA 3

 

Jurnal yang mendapatkan akreditasi SINTA 3 dianggap sebagai jurnal yang memiliki kualitas penelitian dan publikasi yang cukup baik. Jurnal dengan akreditasi SINTA 3 biasanya telah memenuhi kriteria-kriteria tertentu dalam hal publikasi dan kualitas penelitian, meskipun masih memiliki ruang untuk meningkatkan kualitas publikasi.

 

SINTA 4

 

Jurnal yang mendapatkan akreditasi SINTA 4 dianggap sebagai jurnal yang memiliki kualitas penelitian dan publikasi yang belum memenuhi standar tertentu dalam hal publikasi dan kualitas penelitian. Jurnal dengan akreditasi SINTA 4 biasanya masih perlu melakukan perbaikan dalam hal kualitas publikasi dan kualitas penelitian.

 

Saat ini, Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah berganti nama menjadi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dalam konteks SINTA, BRIN menjadi lembaga yang bertanggung jawab dalam melakukan penilaian dan pengindeksan jurnal ilmiah di Indonesia.

 

Hingga saat ini, tidak ada informasi resmi yang menyebutkan ber apa masa berlaku dari akreditasi SINTA. Namun, biasanya akreditasi jurnal dalam SINTA diberikan untuk jangka waktu yang terbatas dan perlu diperbaharui secara berkala. Jangka waktu akreditasi dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan dari BRIN.

 

Proses akreditasi jurnal di SINTA melibatkan penilaian oleh tim ahli yang memiliki kompetensi di bidang tertentu. Tim ahli akan mengevaluasi kualitas penelitian dan publikasi dalam sebuah jurnal berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Beberapa kriteria yang digunakan dalam penilaian antara lain kualitas penelitian, kebijakan etika publikasi, tingkat keterbukaan akses, fokus dan lingkup jurnal, dan lain sebagainya.

 

Sebagai peneliti atau mahasiswa, mengetahui akreditasi jurnal di SINTA dapat membantu dalam memilih jurnal yang berkualitas sebagai sumber referensi dalam penelitian atau tugas akademis. Jurnal-jurnal yang telah terakreditasi dalam SINTA biasanya memiliki kualitas penelitian dan publikasi yang baik dan dapat diandalkan sebagai sumber referensi.

 

Selain itu, akreditasi jurnal di SINTA juga dapat menjadi acuan bagi para peneliti dan akademisi dalam memilih jurnal yang tepat untuk publikasi. Jurnal yang telah terakreditasi dalam SINTA biasanya dapat memberikan keuntungan dalam hal mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas kualitas penelitian dan publikasi.

 

Dalam kesimpulannya, SINTA atau Science and Technology Index adalah sistem penilaian dan pengindeksan jurnal ilmiah di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian di Indonesia dan memberikan pengakuan pada jurnal-jurnal ilmiah berkualitas tinggi. Terdapat empat tingkat akreditasi jurnal dalam SINTA, yaitu SINTA 1, SINTA 2, SINTA 3, dan SINTA 4. Saat ini, tidak ada informasi resmi mengenai masa berlaku dari akreditasi SINTA, namun biasanya jangka waktu akreditasi diberikan untuk jangka waktu tertentu dan perlu diperbaharui secara berkala. Akreditasi jurnal di SINTA dapat membantu peneliti dan mahasiswa dalam memilih jurnal yang berkualitas sebagai sumber referensi dan dapat menjadi acuan bagi para peneliti dan akademisi dalam memilih jurnal yang tepat untuk publikasi.