7 Makanan Wuenak Tenan Daerah Suraboyo

Uncategorized

Tahukah kamu nama kota ini? Kota yang menjadi ibu kota Provinsi Jawa Timur ini merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia kecuali Jakarta dan Palembang.

Kota yang dikenal sebagai Kota Pahlawan ini memang merupakan kota yang bagus untuk dikunjungi.

Tidak hanya memiliki panorama alam yang indah, Surabaya juga kaya akan ragam makanan khas yang akan memuaskan selera makan Anda.

Makanan khas Surabaya ini memiliki jutaan rasa dan terbilang cukup unik, sehingga akan memberikan sensasi pengalaman kuliner yang istimewa untuk dicoba. Penasaran apa saja spesialisasi Surabaya yang enak dan spesial? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Nasi Cumi Spesial Surabaya

Selain terkenal sebagai kota industri, Surabaya juga terkenal dengan makanan lautnya. Wilayah Jawa Timur yang cukup dikelilingi laut menghasilkan hasil laut yang luar biasa.

Tak heran, ada pula yang diolah dari seafood. Apalagi kalau bukan nasi cumi khas Surabaya.

Nasi cumi ini merupakan nasi dengan campuran serundeng kelapa, mie kuning, sambal dan tinta cumi laut.

2. Sego Sambel Surabaya

Sego sambel dalam bahasa Indonesia berarti sego sambel cabai. Saus sego ini biasanya bisa didapatkan pada malam hari.

Dan cocok untuk kamu yang suka tidur sampai tengah malam. Mau Tahu Kalau mau coba, salah satu warung sego sambel yang terkenal di Surabaya bisa coba Sego Sambel Mbak yeye.

3. Nasi Goreng Jancuk

Setiap daerah di Indonesia harus tahu makanan khas Indonesia yang menjadi salah satu makanan favorit saya di Asian Games kemarin. Apalagi kalau bukan nasi goreng. Nah di Surabaya, ada nasi goreng yang disebut nasi goreng jancuk.

Jancuk adalah kata umpatan yang umum digunakan di Surabaya. Disebut nasi goreng jancuk karena memiliki sensasi pedas yang luar biasa. Buat kamu yang suka kuliner dengan rasa yang pedas tidak salah untuk mencoba makanan khas Surabaya yang satu ini. Dijamin ketagihan dan mau coba lagi dan lagi.

4. Lontong Kupang Surabaya

Cangkang lontong atau disebut juga lontong Balap. Lontong Kupang dimasak dengan cara direbus bersama air jeruk nipis dan pasta.

Hidangan ini memiliki cita rasa yang cukup khas. Umumnya kupon lontong ini akan disajikan dengan es kelapa muda dan batok.

Salah satu toko tiram yang terkenal di Jalan Darmo Indah no 8 Surabaya ini adalah milik Mbok Siti.

5. Lontong Balap Surabaya

Lontong Balap sebenarnya hampir sama dengan lontong kupang. Maka tidak heran jika ada yang menyebut cangkang lontong dengan nama lontong Balap. Lontong Balap sendiri merupakan makanan khas Surabaya yang cukup populer.

Pasalnya, Lontong Balap memiliki cita rasa Indonesia yang sangat enak. Selain itu harganya juga terjangkau sehingga bisa dinikmati semua kalangan. Bukan orang biasa atau bangsawan.

6. Mie Akhirat

Mendengar nama makanan khas Surabaya ini terlihat seram dan cukup menyenangkan. Apa kabar?

Persiapan mi disebut mi setelah kematian.

Kami juga menyediakan layanan travel malang surabaya ataupun sebaliknya travel surabaya malang dengan harga bersahabat.

Ternyata investigasi mi yang akan datang ini memiliki mi putih dan hitam. Kedua warna tersebut memiliki filosofi sebagai gambaran surga dan neraka, baik dan buruk.

Siapa yang kemudian punya ide untuk menyebut mie ini dengan nama akhirat. Ide membuat mie ini ternyata sangat sukses.

Jelas banyak pelanggan yang penasaran kemudian tertantang untuk mencoba. Bahkan ada diskon khusus untuk kamu yang sudah lama menikah. Ada juga beragam keunikan lainnya.

7. Mie Pecun

Hidangan mie yang Anda suka anak-anak dan orang dewasa.

Mienya yang kenyal dan kering menjadikannya makanan favorit karena rasanya yang tidak enak.

Salah satu makanan khas Surabaya yang terbuat dari olahan mie adalah Mie Pecun. Mie pecun merupakan jenis mie goreng dengan berbagai macam rasa yang khas.

Jika ingin mencobanya bisa anda temukan di Jalan Siwalankerto yang berada di kawasan Universitas Kristen Petra.