06/12/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

7 Kesalahan Umum Pemula dalam Bahasa Jerman

3 min read
7 Kesalahan Umum Pemula dalam Bahasa Jerman

https://www.kukchelanguages.com/ – Sebagai pembelajar bahasa, kita semua dikenal memiliki kata-kata yang membingungkan. Tetapi hanya dengan membuat kesalahan dan belajar darinya, kami meningkatkan bahasa Jerman kami! Carmen Maria Beck dari Wortland memandu kita melalui beberapa kesalahan paling umum yang dilakukan pemula dalam bahasa Jerman – dan bagaimana menghindarinya.

Sangat dapat dimengerti bahwa penutur asing terkadang membuat kesalahan ketika mereka berbicara dalam bahasa Jerman. Mereka menggunakan kata-kata dengan polos, tanpa mengetahui bahwa mereka sebenarnya memiliki arti yang sama sekali berbeda. Tapi jangan khawatir – membuat kesalahan seperti itu hanya meningkatkan bahasa Jerman Anda! Berikut adalah tujuh kesalahan umum dalam bahasa Jerman yang dilakukan pemula tanpa disadari.

7 Kesalahan Umum Pemula dalam Bahasa Jerman

1. Ich bin langweilig
Ini adalah salah satu kesalahan paling umum dalam bahasa Jerman yang dilakukan pemula ketika mereka ingin mengatakan bahwa mereka bosan. Apa yang tidak mereka ketahui, bagaimanapun, adalah bahwa mereka malah mengatakan bahwa merekalah yang membosankan, bukan situasinya. Lain kali, ucapkan “Ich langweile mich”, “Ich bin gelangweilt”, atau “Mir ist langweilig” untuk menyiratkan “Saya bosan.” Ini akan menyelamatkan Anda dari rasa malu.

2. Gute Nackt
Terkadang Anda ingin mengucapkan selamat malam kepada teman-teman Jerman Anda. Namun Anda mungkin akan terkejut ketika mereka menertawakan pernyataan Anda. Jika Anda mengatakan “Gute Nackt” lain kali, Anda harus tahu bahwa itu sebenarnya berarti “Bagus telanjang”. Kata yang benar adalah “Gute Nacht.” Jangan mengganti bunyi –ch dalam bahasa Jerman dengan bunyi –k karena akan memberikan kesan yang berbeda.

3. Es ist halb nach drei
Saat memberi tahu waktu dalam bahasa Jerman, Anda mungkin bingung apakah harus mengatakan “setengah” atau melewati waktu tertentu. Tidak seperti dalam bahasa Inggris, di mana setengah selalu datang “melewati” jam, dalam bahasa Jerman dikatakan “untuk” jam berikutnya. Jadi “Es ist halb vier” berarti, “Sudah jam setengah tiga.”

4. Meine Freundin / Mein Freund
Mengatakan “meine Freundin” / “mein Freund” berarti “teman saya” dapat menyebabkan kesalahpahaman. Yang mungkin tidak diketahui oleh penutur asing adalah bahwa kata-kata ini tidak hanya berarti “teman saya” tetapi juga “pacar saya” / ”pacar saya”. Jika Anda ingin menghindari kesalahpahaman, Anda dapat memperkenalkan teman Anda dengan “eine Freundin von mir” / “ein Freund von mir” yang berarti “teman saya”. Di sisi lain, jika Anda terlibat asmara dengan mereka, Anda dapat mengatakan “meine Partnerin” / “mein Partner”.

5. Heute, ich habe Glück
Menyatukan kalimat bahasa Jerman yang benar secara tata bahasa bisa jadi sedikit rumit bagi pemula. Sementara kalimat sederhana dalam bahasa Jerman (dan Inggris!) disusun dalam urutan subjek, kata kerja, objek (“Ich habe Spaß” = “Saya bersenang-senang”), strukturnya berbeda untuk kalimat yang lebih kompleks. Misalnya, ketika memulai kalimat dengan kata keterangan seperti “hari ini”, struktur kalimat bahasa Jerman berubah. Kalimat yang benar adalah “Heute habe ich Glück” (Kata keterangan, kata kerja, subjek, objek). Ini mungkin sedikit rumit di awal, karena dalam bahasa Inggris, struktur kalimatnya tidak berubah: “Hari ini, saya beruntung.”

6. Pengukur Elf scheißen
Mengubah -ie menjadi -ei dapat mengubah arti kata sepenuhnya. Anda mungkin berpikir bahwa yang Anda maksud adalah tendangan penalti, tetapi sebenarnya Anda berbicara tentang kotoran. Ungkapan yang benar adalah “elf Meter schießen.” Untuk mendapatkan pengucapan yang benar, perlu diingat bahwa dalam bahasa Jerman i diucapkan seperti bahasa Inggris e, bahasa Jerman e diucapkan dengan cara yang sangat berbeda.

7. Ich will Deutsch lernen
Banyak kesalahan umum yang dilakukan pemula dalam bahasa Jerman terkait dengan teman palsu. Salah satu contoh untuk ini adalah kata kerja Jerman “Ich will” yang terlihat persis seperti bahasa Inggris “I will”. Namun, sementara “Saya akan belajar bahasa Jerman” adalah ungkapan bahasa Inggris yang benar jika Anda ingin mengatakan bahwa Anda akan belajar bahasa Jerman di masa depan, dalam bahasa Jerman itu berarti Anda ingin belajar bahasa Jerman. “Ich will” adalah bentuk orang pertama tunggal dari kata kerja “wollen” yang berarti “ingin”. Jika Anda tidak hanya ingin belajar bahasa Jerman, tetapi Anda benar-benar akan melakukannya, Anda harus mengatakan: “Ich werde Deutsch lernen.”