5 Trik Menyapih Si Kecil yang Bisa Anda Terapkan

ASI mengandung nutrisi kompleks yang tidak bisa digantikan dengan produk susu apa pun di dunia ini. Tak mengherankan kalau para ibu harus tetap mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan memberikan ASI eksklusif minimal 6 bulan. Nantinya si kecil bisa mendapatkan ASI hingga 24 bulan atau tambahan susu formula sebagai solusi ibu pekerja atau produktivitas ASI yang kurang maksimal. Diskon Lactogrow membantu para ibu memenuhi asupan nutrisi bayi yang kurang ASI.

Menyapih anak tanpa jamu

Sebagian ibu bingung cara menyapih anak sehingga memilih produk jamu untuk mendukung proses alami tersebut. Melepas ASI si kecil yang sudah berusia dua tahun bukan hal mudah, tetapi tidak sesulit yang Anda bayangkan, kok. Yuk, coba cara menyapih anak tanpa perlu jamu berikut ini!

1. Persiapkan mental ibu dan anak

Tidak hanya anak yang perlu diberi pengertian ia harus berhenti menyusu sejak usia 18 bulan, tetapi ibu perlu kesiapan mental yang baik. Anda harus siap untuk melihat anak merengek atau menangis demi konsistensi mengurangi aktivitas menyusu setelah ia genap berusia 24 bulan kelak.

2. Mengurangi intensitas menyusu

Jika anak menyusu pada Anda empat kali sehari, maka kurangi intensitas menyusu tiga kali sehari sampai berangsur tidak menyusu sama sekali. Anda bisa mengurangi kebiasaan anak menyusu pada malam hari saja atau siang hari saja tergantung kebutuhan. Setiap anak bisa berbeda dalam melakukan metode menyapih yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi si kecil, ya!

3. Memilih tambahan MPASI

Tambahan MPASI yang bernutrisi menjadi solusi mengatasi anak yang gelisah tidak bisa menyusu karena masih kelaparan. Berikan camilan sehat seperti buah pada waktu-waktu berkala ia harus menyusu atau Anda bisa mengganti asupan ASI dengan susu formula pelan-pelan. Boleh memberikan anak camilan kesukaan sesekali, tapi sebaiknya Anda menghindari kebiasaan memberikan camilan berbahan pengawet terus menerus.

4. Memberikan aktivitas menyenangkan

Aktivitas menyenangkan bisa Anda pilih untuk mengisi waktu luang atau mendorong anak melupakan aktivitas menyusu. Jenis aktivitas yang bisa Anda pilih seperti olahraga bersama, bermain di dalam rumah, membelikan mainan edukatif, piknik, dan lain-lain.

5. Komunikasi keluarga yang baik

Komunikasi keluarga menjadi solusi menyapih si kecil secara maksimal. Libatkan suami tercinta dalam memberi pengertian, tunjukkan kasih sayang lebih dan bisa memberikan motivasi pada si kecil. Berikan hadiah bila anak bisa lepas dari kebiasaan menyusu tiap malam atau pujian yang meningkatkan rasa percaya dirinya.

Diskon Lactogrow harus Anda manfaatkan saat beli peralatan bayi di toko online terpercaya. Dengan mengganti asupan ASI lewat makanan bergizi ditambah susu formula, maka Anda tidak perlu cemas dengan pertumbuhan anak yang bakal terganggu. Yuk, ajari si kecil belajar hidup mandiri lepas dari kebiasaan menyusu setelah ia berusia dua tahun tanpa jamu!