29/09/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

5 Langkah Membuat Turnamen Mobile Legends Yang Mudah

3 min read
Promo Flash Sale Pertandingan Mobile Legends UEI Hanya di Upoint.id -  UPOINT.ID
source gambar : upoint.id

Seiring popularitas MLBB yang makin melejit, Moonton sudah merilis panduan cara membuat turnamen Mobile Legends (ML) di situs resminya. Sekarang kamu sudah bisa mengorganisasi turnamen ML sendiri melalui E-Project (Everyone Project).

Menariknya lagi, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan support dari time sports MLBB. Namun, tentunya terdapat syarat serta ketentuan yang harus dipenuhi. Jangan khawatir, syarat serta ketentuannya tidak rumit. Tujuannya adalah agar tidak ada yang dirugikan dan semua pihak merasa puas.

Lantas, bagaimana cara membuat turnamen Mobile Legends? Berikut ini langkah – langkah membuat turnamen Mobile Legends yang mudah :

  1. Menentukan Sistem Turnamen

Biasanya turnamen Mobile Legends digelar dalam bentuk online maupun offline. Online disini artinya semua proses dilakukan tanpa tatap muka mulai dari pendaftaran, pertandingan, hingga penyerahan hadiah. Sementara, turnamen offline dilakukan secara face to face dan bertemu tatap muka dalam satu lokasi atau lebih.

Pihak Moonton menganjurkan untuk membuat sistem turnamen Mobile Legends menggunakan sistem gugur, bukan menggunakan sistem setengah kompetisi atau full league. Tujuannya adalah agar bisa lebih singkat waktu kompetisinya dan tidak bentrok dengan turnamen resmi MLBB.

  1. Memilih Tempat Dan Alokasi Waktu

Jika turnamen yang kamu gelar berbentuk offline tentu membutuhkan lokasi. Pilihlah tempat venue yang memungkinkan kamu dapat mengumpulkan banyak orang dengan nyaman. Khusus untuk alokasi waktu, pihak Moonton membatasi jangka waktu turnamen sejak pertandingan pertama hingga terakhir tidak lebih dari dua minggu. Tujuannya adalah untuk mencegah tidak ada jadwal turnamen yang bentrok dengan jadwal turnamen resmi dari MPL.

  1. Menentukan Hadiah

Soal hadiah, sebaiknya kamu memberikan sesuatu yang masih berkaitan dengan in-game items pada Mobile Legends seperti diamond dan skin. Moonton juga memberikan syarat support bahwa cash prizepool untuk turnamen MOBA 5v5 jangan lebih dari 500 USD. Sementara untuk cash prize pool dari turnamen Magic Chess jangan lebih dari 200 USD.

  1. Mengumpulkan Peserta Turnamen

Kamu bisa mengumpulkan peserta turnamen dengan menggunakan basis komunitas maupun terbuka untuk umum. Namun yang terpenting adalah sebisa usahakan agar tidak bentrok dengan jadwal MPL jika mengundang pro player Mobile Legends.

Gunakan semua cara legal dan kreatif agar dapat menarik banyak massa. Kamu bisa melakukan promosi offline menggunakan pamphlet, brosur, maupun selebaran dan promosi online lewat media sosial, website, juga iklan.

Jumlah peserta dan penonton nantinya akan menentukan tingkat event serta level support yang diberikan pihak Moonton.

  1. Mengirimkan Proposal Dan Info Turnamen

Setelah merencanakan semua dan menyusun proposal, selanjutnya kirimkan proposal dan menginfokan ke MLBB esports team. Jika Moonton menyetujui proposal kamu, maka sangat mungkin mereka akan memberikan support.

Terdapat lima level turnamen berdasarkan penilaian Moonton yang berbeda – beda level support-nya. Sebagai informasi, bentuk support dari Moonton bukan dalam bentuk dana, melainkan dalam lima bentuk berikut ini :

  • In-game items antara lain skin, Diamond, Card, Magic Dust, dan lain sebagainya dalam bentuk kode redeem.
  • In-game promotion lewat “Monthly Preview Event” dalam game Mobile Legends langsung.
  • Technical support untuk mode turnamen dari MLBB esports team.
  • Akses skin dan semua Hero terbuka (khusus hanya untuk dan saat turnamen Mobile Legends).

Yang perlu diingat adalah kamu harus mengirimkan proposal selambat – lambatnya satu bulan sebelum tanggal pertandingan pertama turnamen. Kamu juga perlu me-review proposal untuk melihat apakah isinya sudah sesuai dengan syarat serta ketentuan E-Project.