5 Ciri Lingkungan Sehat Di Sekitar Kamu

Lingkungan yang sehat sangat penting untuk kesehatan dan kehidupan kita. Maka tidak jarang banyak penyedia jasa pengelolaan air bersih dan air limbah untuk daerah yang memiliki kondisi lingkungan air yang kurang bagus. Oleh sebab itu kita harus bersama-sama menjaga lingkungan kita agar tetap sehat sehingga aman untuk kita tinggali. Untuk kamu yang ingin menempati suatu tempat atau sedang menempati suatu tempat kemudian kamu ingin menilai apakah lingkungan sekitar kamu bersih atau tidak, ada 5 ciri-ciri apakah lingkungan di sekitar kamu sehat atau tidak, berikut ciri-cirinya.

  1. Sumber Dan Kondisi Air Yang Bersih

Seperti yang kita ketahui bersama air merupakan salah satu elemen penting bagi kelangsungan hidup manusia, hewan dan juga tumbuhan. Semua makhluk hidup di dunia membutuhkan air untuk keberlangsungan hidup mereka. Air dapat tercemar dengan mudah maka dari itu penduduk sekitar perlu menjaga kualitas air tetap bersih atau menyaring air yang ingin mereka pakai sebelum mereka menggunakannya. Perhatikan kondisi sumber air atau kondisi air di lingkungan kamu.

 

  1. Banyak Pepohonan

pohon dan berbagai tumbuhan lainnya penting untuk kelangsungan hidup manusia dan hewan. Pasalnya, mereka adalah filter alami udara yang menyerap karbon dioksida kemudian di ganti dengan oksigen. Lingkungan yang memiliki kondisi udara dan air yang buruk akan mempersulit pepohonan untuk tumbuh di daerah tersebut. Maka dari itu apabila banyak pepohonan tumbuh di tempat tertentu kita dapat memastikan bahwa lingkungan udara dan air di daerah tersebut cukup baik.

 

  1. Sampah Yang Terkelola Dengan Baik

Sampah juga menjadi salah satu sumber penyakit. Ada beberapa lingkungan yang tidak bisa mengelola sampah dengan baik akibatnya sampah tersebut dapat mencemari udara dan lingkungan di daerah sekitar. Daerah yang banyak memiliki tempat makan seperti restoran tempat berjualan seperti pasar biasanya memiliki limbah sampah yang lebih banyak dari pada lingkungan yang lain. Maka dari itu kamu perlu tau terlebih dahulu bagaimana pengelolaan sampah di daerah tersebut.

 

  1. Saluran Air

Perlu kita akui bahwa saluran air di Indonesia memiliki kualitas yang kurang bagus walaupun hal ini tidak berlaku di semua tempat. Ada beberapa tempat yang memiliki saluran air yang bagus sehingga lingkungan tersebut aman dari masalah saluran air. Saluran air yang kecil, tersumbat dan mampet dapat menyebabkan berbagai macam masalah lingkungan seperti banjir dan bau tidak sedap. Kamu bisa menilai saluran air yang baik adalah saluran air yang cukup besar tidak terlalu keruh dan lancar.

4 hal di atas dapat kamu jadikan standard penilaian lingkungan di sekitar kamu apakah lingkungan tersebut baik dan aman untuk kamu tinggali. Kamu bisa berkoordinasi dengan ketua RT setempat untuk mengelola permasalahan lingkungan bersama. Kamu juga bisa menyewa jasa pembersihan lingkungan dan membayar mereka menggunakan transfer bank BRI.