28/09/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

5 Cara Menanam Jagung Agar Buahnya Besar dan Subur

2 min read
Cara menanam jagung agar buahnya besar

Cara menanam jagung agar buahnya besar dapat jadi informasi yang menarik. Khususnya bagi Anda yang gemar bercocok tanam. Baik untuk dilakukan sebagai profesi atau sekedar hobi.  Terdapat banyak metode untuk menanam tanaman ini. Namun, Anda dapat mencoba metode yang termudah. Lalu, bagaimana triknya? Let’s check this out.

Cara menanam jagung agar buahnya besar

1. Seleksi Benih – Cara menanam jagung agar buahnya besar step satu

Cara menanam jagung agar buahnya besar dimulai dari tahap penyeleksian benih. Penyeleksian benih perlu dilakukan agar hasil tanaman memiliki kualitas yang berbuah banyak serta tinggi.

Oleh sebab itu tahap penyeleksian benih amat penting dalam bertanam jagung. Benih yang dipilih harus datang dari jagung yang sehat serta tak terserang penyakit. Pastikan untuk memilih benih dari varietas yang unggul.

2. Menyiapkan Lahan – Cara menanam jagung agar buahnya besar step dua

Cara menanam jagung agar buahnya besar selanjutnya yakni penyiapan lahan. Bila Anda sudah memilih bibit yang akan ditanamkan, maka langkah berikutnya yakni menyiapkan lahan. Lahan tanam perlu diolah ketika sebelum Anda bertanam tanaman jagung. Tujuannya agar produk yang dibuat dapat lebih baik serta berkualitas.

3. Membuat Lubang Tanam – Cara menanam jagung agar buahnya besar step ketiga

Cara menanam jagung agar buah lebih besar yang ketiga yakni membuat lubang tanam untuk meletakkan benih jagung. Lubang menanam biji jagung memiliki kedalaman kurang lebih 5 cm. Pastikan Anda memberikan jarak di antara lubang tanam. Jarak tersebut antara 50-70 cm agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

4. Penanaman Jagung – Cara menanam jagung agar buahnya besar step keempat

Kalau Anda baru pertama kali bertanam tanaman jagung, mestinya tahap penanaman diawali ketika awalnya musim hujan. Dalam hal ini maksudnya sudah pasti agar biji dapat tumbuh dengan baik sebab pengairan cukup.

Anda sebetulnya dapat pula melakukan penanaman ketika memasuki musim kemarau. Namun, bila bertanam tanaman jagung di musim kemarau harus rutin melakukan pengairan. Pengairan di masa-masa awal proses penanaman harus cukup. Hal ini bertujuan supaya biji yang ditanamkan bisa tumbuh secara maksimal.

Teknik penanamannya dengan cara menanam 1 butir benih jagung di tiap lubang tanam. Berikutnya, tutup lubang tanam menggunakan pupuk kompos. Siram menggunakan air yang cukup. Gunanya agar biji buah jagung bisa tumbuh dengan baik.

5. Penyiraman – Cara bertanam jagung supaya buahnya besar step kedelapan

Menyiram tanaman perlu dilakukan ketika memasuki musim kemarau. Tujuannya tentu untuk menjaga kelembaban tanah agar tak kekurangan air. Karena terdapat air, perkembangan tanaman jadi lebih maksimal.

Demikian informasi singkat terkait cara menanam jagung agar buahnya besar. Membahagiakan sekali bila Anda dapat memetik jagung yang ditanam di kebun sendiri kan? Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba