08/12/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

5 Alat Berbasis IoT yang Dapat Mempermudah Pekerjaan

2 min read

Internet of Things, atau  disebut IoT, adalah perangkat dan objek yang dimaksudkan untuk mengirim dan mentransfer data melalui Internet dan jaringan nirkabel. Internet of Things atau IoT  juga berperan dalam mempermudah pekerjaan manusia. Fungsi Internet of Things sendiri adalah untuk membantu orang-orang memahami dunia  di sekitar kita dan bagaimana perkembangannya. Internet of Things dapat memudahkan pekerjaan semua manusia. Berikut ini adalah  contoh Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa Contoh IoT Dalam Kehidupan Sehari-hari

 

1. Colokan Cerdas (Smart Electrical Plug)

Contoh  colokan cerdas ini adalah lampu dan kompor di mana colokan listrik terhubung ke WLAN dan terhubung ke produk elektronik. Untuk menggunakan listrik cerdas ini, cukup matikan sambungan listrik dalam jangkauan internet  smartphone yang langsung terhubung ke stop kontak. Dengan Internet of Things, jika Anda lupa mematikan lampu dan elektronik saat keluar rumah, matikan saja menggunakan smartphone yang terhubung langsung ke Internet.

2. Kulkas Pintar (Smart Fridge)

Keuntungannya adalah Anda dapat melihat apakah ada minuman atau makanan  di lemari es. Jadi saat Anda berada di luar rumah, Anda bisa melihat barang-barang yang ada di lemari es, baik Anda membeli makanan atau minuman  di lemari es. Semua itu bisa Anda lihat melalui smartphone yang berhubungan langsung  dengan smartphone kita.

3. Penyiraman Otomatis

Irigasi otomatis  sudah diterapkan di kota-kota besar  di Indonesia, seperti Bundaran Tugtani di  Jakarta. Pabrik Tugtani sudah menggunakan teknologi irigasi otomatis tanpa  menunggu petugas menyiramnya. Irigasi otomatis ini bekerja dengan membuat rencana irigasi yang terhubung langsung  ke jaringan WiFi.

4. Bus Surabaya 

Angkutan transportasi umum yang menjadi andalan warga Surabaya ini  mengaktifkan fungsi QR  saat pengguna menunggu bus di halte. Cara mengetahui bus mana yang sudah berangkat, dan juga mengetahui lokasi bus terdekat. Tidak hanya berhenti di situ, ternyata sistem ini juga memberikan notifikasi saat saya berada di dekatnya dan pengguna bisa mengetahui kapan  bus akan datang.

5. Rumah Pintar (Smart Home)

Rumah pintar digunakan untuk menjaga keamanan rumah. Dengan sistem ini, Anda bisa mengetahui  detail status rumah Anda. Sistem ini terhubung langsung  dengan internet dan wifi, sehingga rumah pintar ini dapat mendeteksi setiap pergerakan  di dalam rumah. Contohnya adalah menyalakan lampu, menyalakan televisi, menutup pagar dan  banyak lagi.