22/01/2022

Inspirasiku

Inspirasi Tiada Henti

4 Langkah Mudah Membersihkan Cincin Emas Putih, Dijamin Awet

2 min read

Jenis cincin pertunangan yang bisa dipilih sepasang kekasih sangat beragam. Salah satu bahan yang banyak dipilih adalah emas putih. Setiap orang pasti ingin jika cincin yang dimilikinya tetap awet. Untuk mendapatkan hal tersebut, anda harus tahu bagaimana cara merawat cincin tunangan emas putih dengan baik. yuk simak ulasan tentang tips tersebut sebagai berikut!

Tips Membersihkan Cincin Emas Putih

  1. Siapkan Air Matang Dan Letakkan Di Dalam Wadah

Cincin emas putih sejatinya adalah cincin berbahan emas kuning, namun mereka dilapisi dengan logam rhodium yang memberikan efek mengkilap seperti perak. Emas tersebut tidak lagi berwarna kuning dan menampilkan kesan yang jauh lebih elegan. Emas putih adalah pilihan terbaik, bagi anda yang ingin memakai perhiasan emas namun tidak  terlihat mencolok. 

Untuk merawatnya, pertama tama siapkan air matang dan letakkan air tersebut did dalam wadah berupa mangkok. Suhu air dalam keadaan normal atau dalam kondisi suhu ruang. Apabila anda kegunaan air rebusan, maka tunggu hingga suhunya menurun. Merendam emas putih di air panas bukanlah ide yang baik, karena dapat menimbulkan kerusakan. 

  1. Campurkan Beberapa Tetes Sabun Ke Dalam Air

Setelah suhunya menurun, masukkan beberapa tetes sabun ke dalam wadah tersebut. Jenis sabun yang digunakan untuk mencuci cincin tunangan emas putih sebenarnya bebas, asalkan bukan yang terlalu keras seperti detergen. Terkait dengan jenis sabun ini, ada baiknya jika anda bertanya langsung pada toko perhiasan tempat anda membelinya. Mereka pasti bisa memberikan tips yang terbaik. 

  1. Rendam Perhiasan Emas Di Dalam Larutan Selama 15 Menit

Berikutnya aduk tetesan sabun tadi dengan air agar menyatu dan membentuk sebuah larutan yang homogen. Masukkan perhiasan emas yang hendak dibersihkan kedalamnya, dan tunggu selama 15 menit. Langkah ini dilakukan agar kotoran kotoran yang ada di sisi cincin terangkat dengan sendirinya. Noda yang membandel juga menjadi lebih mudah dibersihkan nanti digosok. 

Perlu diingat, bahwa merendam emas di dalam larutan ini tidak boleh terlalu lama. waktu sekitar 15 menit adalah tempo yang paling optimal. Meskipun lapisan rhodium tidak mungkin luntur, namun di takutnya terdapat reaksi antara zat yang berasal dari sabun dengan bahan cincin kesayangan anda. Jika dibiarkan terlalu lama, maka potensi reaksi itu untuk merusak cincin semakin besar. 

  1. Gosok Cincin Dengan Sikat Lembut

Setelah direndam, anda bisa membersihkan cincin tunangan emas putih dengan bantuan sikat gigi yang lembut. Gunakan sikat tersebut secara perlahan, agar sisi cincin tidak tergores. Untuk melakukan aktivitas ini, anda perlu sedikit bersabar. Apabila ada noda yang tidak bisa hilang, anda harus bersabar. Sesekali celupkan kembali cincin tersebut ke dalam air sabun untuk membantu prosesnya. 

Demikianlah sekilas penjelasan terkait dengan cara membersihkan cincin emas putih. Sangat disayangkan jika cincin tunangan menjadi rusak karena perawatan yang salah. Sebenarnya banyak sekali toko emas yang menyediakan jasa pencucian, namun memang ada budget yang harus dibayar. Akan tetapi jika mengikuti tips ini, maka tidak terlalu banyak biaya yang keluar.